Gerakan Indonesia Berinovasi – Inisiatif Publik Untuk Mendorong Terciptanya Innovative Government

Gerakan Indonesia Berinovasi merupakan ikhtiar masyarakat untuk turut urun pikir dan urun tindak mewujudkan Indonesia sebagai bangsa yang tanpa gamang mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Kami meyakini bahwa untuk menjadi bangsa yang unggul, inovasi merupakan satu prasyarat yang mutlak dan tidak dapat ditawar lagi. Inovasi, sebagai detak jantung peradaban dan perekonomian modern, perlu ditumbuhkan baik di sektor swasta maupun sektor publik (kami menggunakan istilah innovative government untuk yang terakhir ini). Inovasi di sektor swasta, bersama-sama dengan inovasi di sektor publik, kemudian akan menghasilkan bangsa yang inovatif, an Innovative Nation.

Untuk keberhasilan yang optimal, sektor publik harus menumbuhkan inovasi sebagai disiplin inti, menjadi piawai dan terlatih dalam mengadaptasi praktik-praktik baru. Inovasi harus menjadi bagian dari DNA sektor publik. Jika dibandingkan dengan sektor private, tantangan lebih besar dihadapi oleh sektor publik untuk menumbuhkan environment inovasi. Pelaku-pelaku di sektor private memiliki kencenderungan yang lebih besar untuk lebih menghargai, mengembangkan dan berinvestasi pada inovasi, mengingat bahwa inovasi yang dilakukan kerap berujung pada didapatkannya financial reward atau bertambahannya market share yang signifikan. Hal ini tidaklah terlalu dirasakan di sektor publik. Individu-individu di sektor publik tidak banyak menerima insentif untuk terlibat dan berinvestasi pada inovasi. Dengan kondisi tersebut, kami tergerak untuk berbuat sesuatu, sesuai dengan kapasitas kami sebagai anggota masyarakat, melakukan inistiatif mendorong tumbuhnya budaya inovasi di sektor publik.

 

 

Fokus Gerakan Indonesia Berinovasi adalah inisiatif dan program inovasi yang dilakukan di pemerintahan (pusat maupun daerah), parlemen, kementrian, lembaga-lembaga pemerintahan, badan usaha milik negara dan badan usaha milik daerah yang pada akhirnya bermuara pada meningkatan kinerja serta pelayanan publik, dengan Visi, Misi serta Aktivitas Kegiatan sebagaimana diuraikan di bawah ini.

Visi

Mencita-citakan Indonesia sebagai bangsa yang unggul dan siap berkompetisi dengan bangsa-bangsa lain di dunia, melalui terbangunnya budaya berinovasi, dengan fokus utama pada inovasi di sektor publik.

Misi

 

  1. Mewujudkan kondisi sadar inovasi, terutama di sektor publik, dimana segenap komponen masyarakat Indonesia memiliki pemahaman yang memadai terhadap permasalahan innovative government.
  2. Menumbuhkan dan meningkatkan keyakinan pada masyarakat bahwa innovative government merupakan salah satu kebutuhan mutlak untuk menciptakan inovasi di sektor private dan pada akhirnya akan membentuk Innovative Nation.
  3. Menyebarluaskan dan menularkan semangat inovasi ke sebanyak mungkin komponen masyarakat Indonesia.
  4. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas inovasi di sektor publik.

 

Aktivitas

  1. Mengangkat serta mempublikasikan inisiatif dan program inovatif yang dilakukan di sektor publik.
  2. Melakukan riset, penelitian, kajian dan diskusi untuk menghasilkan ide-ide pemikiran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta intensitas inovasi.
  3. Memfasilitasi analisa serta masukan atas inisiatif inovasi.
  4. Melakukan advokasi untuk mendorong dikembangkannya kebijakan-kebijakan yang berpihak pada inovasi.
  5. Menggalang komunikasi dua arah yang intensif antara masyarakat dengan individu-individu yang bergerak di sektor publik.
  6. Menjalin kerjasama dan hubungan saling menguatkan dengan pribadi-pribadi, entitas-entitas dan inisiatif-inisiatif lain yang memiliki kesamaan irisan tujuan yang sama.

 

Inisiatif Gerakan Indonesia Berinovasi ini mulai digagas serius sejak pertengahan 2014 oleh Humbul Kristiawan, seorang pembelajar dan praktisi di bidang Process Improvement. Bermula dari ketertarikannya pada konsep innovative government, keyakinannya pada pentingnya sektor publik untuk berinovasi serta kesadarannya bahwa inovasi di sektor publik ini masih harus didorong gaung implementasinya untuk menjangkau sebanyak mungkin komponen bangsa.

Aktivitas-aktivitas tersebut di atas dilakukan dalam bentuk kegiatan on line maupun off line. Sebagai wadah gerakan ini, dibentuklah The Innovative Government Institute, dibawah naungan Yayasan Indonesia Hijau Berinovasi. Melalui Gerakan Indonesia Berinovasi ini, kami ingin bergerak sinergis bersama-sama dengan komponen-komponen lain bangsa ini untuk terciptanya innovative government di Indonesia, yaitu pemerintahan yang bercirikan :

 

  • Government that Costs Less,
  • Quality Government,
  • Professional Government,
  • Digital Government,
  • Better Regulated Government dan
  • Honest & Transparent Government.

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)