Pemberdayaan UMKM berbasis potensi wilayah di Lamongan

15 Mar 2015

Bupati Kabupaten Lamongan, Bupati Fedeli mengungkapkan akan mewujudkan Kabupaten Lamongan sebagai bumi koperasi dengan salah satu tujuannya yakni untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengurangi pengangguran, melalui pemberdayaan Usaha Mikro, Usaha Menengah(UMKM). Untuk mengembangkan dan pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) agar dapat berjalan dengan baik, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan menyusun program kerja yang terbagi menjadi 3 konsentrasi yaitu kelembagaan, Usaha Kecil Menengah serta Usaha dan permodalan.

Program inovasi Pemkab Lamongan tersebut bertujuan untuk menggerakkan secara lebih terencana, terarah dan terukur ekonomi masyarakat pedesaan melalui pemberian bantuan modal (hibah/pinjaman) bergulir. Juga dengan mengefektifkan kelompok-kelompok usaha pedesaan yang sudah ada sebagai basis inovasi dan merehabilitasi sarana dan prasarana ekonomi yang mendukung sistem produksi, distribusi barang dan jasa. Sementara itu, kegiatan Gemerlap diantaranya mencakup bidang pertanian, bidang peternakan serta bidang kewirausahaan.

Output yang dihasilkan adalah adanya partisipasi program pembangunan yang dilakukan oleh semua komponen, yaitu dari sektor pemerintah, swasta dan masyarakat, yang ditandai dengan semakin banyaknya fasilitas permodalan yang diberikan kepada KUKM. Selain itu terjadi peningkatan kepercayaan publik terhadap program-program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Sedangkan outcome yang diperoleh adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat dari adanya fasilitasi modal usaha kepada KUKM.

Sumber: www.grandlanews.blogspot.com & www.krisbudi.blogspot.com
Foto: www.kabarone.com

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Jawa Timur - Kab Lamongan
Terkini
Kayuh Wooden Bike : Obat Macet dan Solusi Cegah Po ...
15/08/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Nozzle Digital, Inovasi Pencegahan Kecurangan SPBU
15/08/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Tangan Tuan Takur, Inovasi untuk Mencegah Kematian ...
14/08/2018 :: Kalimantan Selatan - Kab Tanah Bumbu
Charger Ponsel Gratis di Lapangan Monas Persembaha ...
14/08/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Mala'Bi, Aplikasi Online Berbasis Android di Provi ...
13/08/2018 :: Sulawesi Barat - Kab Mamuju Tengah