Pemerintah Kota Banda Aceh Menerapkan Program Aplikasi e- Kinerja

17 Mar 2015

E-Kinerja adalah salah satu aplikasi yang digunakan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh untuk menganalisis kebutuhan jabatan dan beban kerja jabatan serta bebean kerja Satuan/Unit kerja organisasi di lingkungan Pemerintah. Melalui aplikasi e-kinerja pemberian Tunjangan Prestasi Kerja (TPK) diberikan berdasarkan kinerja sesuai dengan tingkatan (grade) yang diperoleh. Substansi aplikasi e-kinerja merujuk kepada Permenpan No.75 Tahun 2004, Permendagri No.4 Tahun 2005, Permendagri No.12 tahun 2008, Permendagri No.35 Tahun 2012 dan mengadopsi beberapa muatan dan kearifan lokal sesuai dengan karakteristik Banda Aceh sebagai model Kota Madani.

Aplikasi e-kinerja diperlukan dalam rangka mengukur beban kerja pemangku jabatan setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kota Banda Aceh sebagai pengganti bentuk reward yang sebelumnya diberikan melalui Tunjangan Prestasi Kerja (TPK) yang diberlakukan sama untuk semua PNS.

Penerapan program e-kinerja melalui aplikasi ini menjadi salah satu instrument pendukung dalam mengukur beban kerja efektifitas jabatan, efektifitas unit, komposisi pegawai pada sebuah unit/SKPD serta sebagai dasar perhitungan prestasi kerja dan pemberian insentif kerja serta menjadi dasar dalam menerapkan kebijakan/pengambilan keputusan di bidang kepegawaian bagi pimpinan daerah.

Aplikasi e-kinerja menuntut pegawai untuk melahirkan inovasi dan kreasi baru sesuai dengan jabatan yang dipangkunya untuk memenuhi norma waktu yang sudah distandarkan dengan merujuk kepada regulasi Pemerintah Pusat dan beberapa regulasi Pemerintah Daerah. Aplikasi ini juga mengubah Imej yang berkembang selama beberapa dasawarsa ke belakang bahwa PNS identik dengan pemalas.

Konsep pengukuran beban kerja Pemangku Jabatan melalui aplikasi ini memberikan kemudahan dengan tidak merugikan pegawai ditinjau dari sisi kesejahteraan, karena pemberian reward bagi Pemangku Jabatan sesuai dengan grade yang diperoleh dan tidak berlaku lagi rajinmalas penghasilan sama.

Sumber: www.rajawalifoundation.org & www.kinerja.bandaacehkota.go.id
Foto: www.acehprov.go.id

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Aceh - Kota Banda Aceh
Terkini
Jogjaplan Sebagai Salah Satu Alat Memaksimalkan Si ...
16/10/2018 :: Di Yogyakarta - Kota Yogyakarta
Pocemon Terobosan Baru Polresta Banjarmasin Wujudk ...
15/10/2018 :: Kalimantan Selatan - Kota Banjarmasin
Inovasi Karet Alam untuk Aspal Jalan
15/10/2018 :: Sumatera Selatan - Kab Musi Banyuasin
Pemerintah RI dan Australia Jalin Kemitraan Lewat ...
12/10/2018 :: Nusa Tenggara Timur - Kota Kupang
Inovasi untuk Bawang Merah Murah
13/10/2018 :: Jawa Timur - Kab Probolinggo

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)