Pemkab Pakpak Bharat Mengembangkan Program Pelayanan Bus Sekolah Gratis

19 Mar 2015

Kabupaten Pakpak Barat merupakan daerah pemekaran yang baru berusia 10 Tahun. Sebagai daerah pemekaran baru Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat menjadikan Sektor Pendidikan sebagai prioritas utama bersama Sektor Kesehatan dan Sektor Pertanian. Alokasi anggaran untuk pembangunan Sektor Pendidikan dalam beberapa tahun terakhir telah berada diatas 20% dari total APBD yang peruntukannya adalah untuk mendanai program-program pembangunan sarana maupun prasarana pendidikan dan program peningkatan mutu pendidikan

Sejalan dengan itu, upaya peningkatan aksesibilitas masyarakat terhadap sarana pendidikan yang ada juga terus dilakukan antara lain melalui program pengadaan sarana transportasi bagi anak didik di daerah-daerah terpencil.

Gedung sekolah SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK Kabupaten Pakpak Barat pada umumnya tidak berada pada jalur transportasi stategis dan jauh dari pemukiman penduduk. Kondisi ini membuat peserta didik tidak dapat hadir tepat waktu di sekolah karena 80% diantaranya harus berjalan kaki ke sekolah yang jarak tempuhnya bervariasi antara 1 km sampai dengan 11 km.

Melihat kondisi ini, Pemerintah Kabupaten Pakpak Barat melakukan terobosan melalui kebijakan Pengadaan bus sekolah gratis yang sudah dimulai sejak tahun 2009 hingga tahun 2013. Adanya Bus Sekolah gratis yang dipersiapkan Pemerintah Kabupaten Pakpak Barat ternyata sangat berdampak positif dan bermanfaat bagi masyarakat, dimana anak didik dapat hadir dan pulang tepat waktu disamping itu biaya yang sebelumnya harus di keluarkan oleh orang tua siswa untuk membayar angkutan umum dapat di gunakan untuk membeli kebutuhan lainnya.

Sumber: www.rajawalifoundation.org
Foto: www.medanbisnisdaily.com

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Sumatera Utara - Kab Pakpak Bharat
Terkini
Gubernur Jatim: Inovasi Pelayanan Publik Harus Ram ...
13/12/2018 :: Jawa Tengah - Kota Semarang
Keren Nih, Parkir Kendaraan di Monas Sekarang Paka ...
10/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Warga Bekasi Bisa Memantau Keberadaan Trans Patrio ...
11/12/2018 :: Jawa Barat - Kota Bekasi
KAI Perkenalkan Inovasi Kereta Kesehatan Kepada An ...
12/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
LPMUKP Telah Memberi Manfaat 11.613 Wirausaha Kela ...
06/12/2018 :: Jawa Timur - Kota Malang

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)