Bank Riau Kepri Luncurkan Tabungan Khusus Pelajar

16 Nov 2015

BATAM – Bank Riau Kepri meluncurkan Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) untuk pelajar di Provinsi Kepulauan Riau. Peluncuran Tabungan SimPel ini dilaksanakan di Pacific Hotel, Batam, Kamis (12/11).

Direktur Utama Bank Riau Kepri Irvandi Gustari mengatakan, berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi Keuangan yang dilakukan pada tahun 2013 kepada 8.000 responden, tingkat inklusi keuangan kelompok siswa baru mencapai 44 persen.

Sementara secara statistik jumlah pelajar SD, SMP, dan SMA dibanding total populasi Indonesia menunjukkan angka yang signifikan, yaitu 20 persen. Sebanyak 38,8 juta siswa berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan sekitar 11 juta siswa di bawah Kementerian Agama.

“Melihat data ini, peluang untuk meningkatkan inklusi keuangan khususnya kelompok pelajar masih sangat besar. Namun, dibutuhkan sebuah model produk keuangan dengan karakteristik dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan kelompok siswa. Maka hadirlah Tabungan Simpel ini,” kata Irvandi.

Keunikan dan keunggulan dari tabungan ini antara lain nama siswa tercantum pada buku tabungan, setoran awal yang ringan, bebas biaya administrasi bulanan, serta minimum setoran yang terjangkau setiap kali menabung.

Tabungan SimPel dan SimPel iB (syariah) tidak memberikan bunga. Namun, sebagai gantinya, siswa akan mendapatkan program reward yang disesuaikan dengan kebijakan dari setiap bank.

“Tabungan Simpel ini sebelumnya juga sudah diluncurkan untuk pelajar di Provinsi Riau. Peluncuran dilaksanakan di Kota Dumai pada 1 Oktober lalu. Produk ini diharapkan bisa mengangkat kembali budaya menabung sejak dini di tengah masyarakat,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Robert Iwan Loriaux sangat mendukung kehadiran Tabungan Simpel ini. Menurutnya, produk Bank Riau Kepri ini akan mengedukasi dan membentuk generasi muda yang gemar menabung sejak dini.

Dukungan serupa diungkapkan Direktur Eksekutif Literasi dan Inklusif Keuangan OJK, Agus Sugiarto. Ia menilai dengan diluncurkannya tabungan Simpel ini, Bank Riau Kepri mendukung program pemerintah dalam hal pertumbuhan ekonomi melalui sektor perbankan.

Sumber: InfoPublik.id
Foto: http://learnvest.global.ssl.fastly.net/

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Kepulauan Riau - Kota Batam
Terkini
Kemenhub dan ITS Proyeksikan 200 Kapal Terbuat dar ...
18/04/2019 :: Jawa Timur - Kota Surabaya
Kabupaten Sinjai Sabet Penghargaan Daerah Inovasi ...
16/04/2019 :: Sulawesi Selatan - Kab Sinjai
Inovasi Kementerian PANRB Dapat Pujian Peserta Sid ...
15/04/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Pentingnya Inovasi dan Teknologi untuk Kemajuan In ...
11/04/2019 :: Bengkulu - Kab Bengkulu Selatan
Bappeda Perdalam Ilmu Iptek dan Lomba Inovasi Daer ...
10/04/2019 :: Lampung - Kab Way Kanan