Pekerja Rentan di Riau dan Kepri Terima Bantuan Perlindungan Kerja

09 Nov 2016

PEKANBARU – BPJS Ketenagakerjaan memfasilitasi donasi dana corporate social responsibility (CSR) PT Bank Riau Kepri untuk perlindungan 5.000 pekerja rentan yang ada di Riau, Kepulauan Riau dan sekitarnya selama tiga bulan. 

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjan Agus Susanto menjelaskan, pekerja yang menerima bantuan perlindungan dari dana CSR ini merupakan para pekerja yang termasuk dalam kategori pekerja rentan. Mereka adalah para pekerja yang bekerja sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan hidup hari itu saja.

“Mereka rentan terhadap kemunduran ekonomi jika mengalami risiko, seperti kecelakaan saat bekerja ataupun meninggal dunia. Para pekerja ini adalah para pekerja bukan penerima upah (BPU) seperti nelayan kecil, petani, buruh harian lepas, kuli bangunan, pedagang asongan, dan sebagainya,” ujar Agus di Pekanbaru, Sabtu (5/11).

Menurut Agus, donasi kepesertaan yang diberikan meliputi dua program, yaitu Jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKm). Dengan adanya perlindungan ini, pekerja rentan dapat bekerja dengan tenang untuk meningkatkan taraf hidup mereka dan mencapai kesejahteraan. Harapannya, ke depannya mereka dapat melanjutkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan mereka secara mandiri.

“Ini merupakan salah satu upaya BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan kepada para pekerja rentan. Kami menggandeng perusahaan atau korporasi untuk bersama-sama mewujudkan program kerja tersebut melalui optimalisasi dana CSR. Kami mengembangkan sistem yang memfasilitasi proses donasi ini agar transparan, akuntabel, dan tepat sasaran,” Agus mengungkapkan.

Nantinya, sambung Agus, sistem yang dibangun ini merupakan sistem berbasis elektronik/online, yang akan menyediakan informasi atau pilihan target donasi pekerja rentan (donatur), besaran dan periode masa donasi, serta pelaporan regular mengenai status kepesertaan donatur.

“Dengan cara ini kami bersama perusahaan yang ikut serta akan membantu mengurangi kerentanan sosial terhadap pekerja di Indonesia, sekaligus menjadikan mereka para pekerja yang mandiri dan tangguh,”ujar Agus.

Di wilayah Riau sendiri terdapat 473 ribu pekerja yang sudah terdaftar dan didominasi oleh pekerja PU. Sementara di Kepulauan Riau terdapat 306 ribu pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Wilayah Riau juga memiliki potensi pekerja BPU yang cukup banyak, seperti pada sektor pertanian, perikanan dan perburuhan serta jasa kemasyarakatan.

“Dengan kondisi  ini diharapkan perusahaan lain yang ada di wilayah Riau dan Kepulauan Riau bisa mengikuti langkah PT Bank Riau Kepri untuk menyalurkan dana CSR mereka untuk perlindungan pekerja rentan,” kata Agus.

Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbarr-Rau mencatat, perusahaan aktif yang terdaftar pada bulan September 2016 mencapai 30.357 perusahaan dengan tenaga kerja aktif 1.414.341 pekerja. Sebanyak 70 persen dari perusahaan tersebut merupakan perusahaan kecil dan menengah yang memiliki pekerja di bawah 50 orang. 

Agus berharap melalui kerja sama CSR bersama mitra kerja BPJS Ketenagakerjaan ini nantinya perlindungan yang diberikan akan menjangkau seluruh lapisan masyarakat pekerja, khususnya pekerja rentan, agar perlindungan menyeluruh dapat tercapai.

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif mulia PT Bank Riau-Kepri dalam mendonasikan CSR-nya untuk iuran pekerja rentan. Tentunya, kami berharap perusahaan lainnya dapat mengikuti jejak PT Bank Riau-Kepri dalam memfasilitasi pekerja Indonesia untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui dana CSR agar kesejahteraan hidup para pekerja bisa meningkat,” ujar Agus.

 

Sumber: infopublik.id

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Riau - Kota Pekanbaru
Terkini
Si Terpa Daya Jiwa Solusi Bagi Penderita Gangguan ...
17/02/2019 :: Jawa Tengah - Kab Klaten
Aplikasi SimPADU-PMI Sebagai Pelindung Pekerja Mig ...
16/02/2019 :: Jawa Timur - Kota Surabaya
e-FLPP Permudah Kredit Pemilikan Rumah bagi Masyar ...
15/02/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Aruna, Aplikasi untuk Bantu Nelayan Indonesia Eksp ...
13/02/2019 :: Kalimantan Barat - Kota Pontianak
Simanja, Inovasi untuk Kinerja ASN
13/02/2019 :: Kepulauan Riau - Kota Tanjung Pinang