Sepeda Motor Listrik Buatan ITS Resmi Diluncurkan

10 Nov 2016

JAKARTA – Motor listrik Garansindo Electric Scoocer ITS (Gesits)  karya ITS yang diterapkan di industri diluncurkan olen Menristekdikti.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir menyatakan, riset tidak cukup berhenti pada publikasi, tapi harus sampai kepada hilirisasi dan komersialisasi. Di dalam hilirisasi dan komersialisasi ini, dirinya sangat berterima kasih karena riset yang dihasilkan oleh ITS telah digunakan oleh industri, dalam hal ini Garansindo. 

“Mudah-mudahan ini menjadi langkah awal produk-produk yang dihasilkan putra-putra Indonesia untuk membangkitkan teknologi di Indonesia. Inilah harapan yang sangat penting,” kata Nasir dalam acara peluncuran Gesits Tour de Jawa Bali yang diselenggarakan di Gedung BPPT Jakarta, Senin (7/11).

Nasir menambahkan, dirinya merasa tidak hanya cukup sampai di sini. Kebijakan menjadi sangat penting, karena itu ia meminta kepada menteri perindustrian. Menurutnya, inovasi-ionasi yang dihasilkan tanpa didukung kebijakan yang dikeluarkan pemerintah akan sulit untuk diaplikasikan.

“Untuk itu, kebijakan-kebijakan yang ada harus menghadapi pasar persaingan sempurna, maka produk-produk itu harus baik. Misalnya terkait regulasi di jalan. Dalam mencoba motor listrik ini, boleh tidak berjalan di jalan. Kalau inovasi-inovasi yang dihasilkan tidak ada kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dengan baik, maka inovasi-inovasi tidak akan berkembang,” dia menegaskan.

Dalam kegiatan Gesits Tour de Jawa Bali ini, para rider akan didukung oleh beberapa mekanik yang dilengkapi dengan suku cadang yang dibutuhkan untuk perawatan maupun perbaikan terhadap skuter listrik Gesits yang digunakan selama perjalanan.

Gesits merupakan sepeda motor skutik otomatis bertenaga listrik dengan daya motor 5KW yang dapat menempuh jarah sejauh 80-100 kilometer dalam satu pengisian baterai, dengan kecepatan maximum sampai dengan 100 km per jam atau setara dengan motor skuter bermesin konvensional 125cc.

Skuter buatan anak bangsa ini membutuhkan sekitar 1,5 sampai tiga jam untuk sekali pengisian baterai. Namun Gesits tidak mengeluarkan emisi gas buang, sehingga skuter ini dapat menjadi solusi pengurangan pencemaran polusi.

Keunikan dari Gesits adalah adanya metode penggantian baterai dengan system swap (tukar tambah) baterai di tempat-tempat fasilitas umum seperti SPBU ataupun minimarket yang tersebar di berbagai daerah. Ini untuk memudahkan para penggunanya apabila tidak sempat mengisi ulang sendiri.

 

 

Sumber: infopublik.id 

 

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Jawa Timur - Kota Surabaya
Terkini
Kemenhub dan ITS Proyeksikan 200 Kapal Terbuat dar ...
18/04/2019 :: Jawa Timur - Kota Surabaya
Kabupaten Sinjai Sabet Penghargaan Daerah Inovasi ...
16/04/2019 :: Sulawesi Selatan - Kab Sinjai
Inovasi Kementerian PANRB Dapat Pujian Peserta Sid ...
15/04/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Pentingnya Inovasi dan Teknologi untuk Kemajuan In ...
11/04/2019 :: Bengkulu - Kab Bengkulu Selatan
Bappeda Perdalam Ilmu Iptek dan Lomba Inovasi Daer ...
10/04/2019 :: Lampung - Kab Way Kanan