Aquaponic Dan Masa Depan Pertanian Subang

13 Jun 2017

Permasalahan

 

Tahun 2010-2014 atau selama kurun waktu 5 tahun menurut BPS Kab. Subang, produksi tanaman palawija di Kab. Subang menurun secara signifikan, bahkan komoditas seperti kacang tanah turun sampai 57%. Tentu ini kondisi yang bahaya bagi Kabupaten Subang mengingat ada dua masalah utama. Pertama, berdasarkan data dari Pemprov Jabar,

Kabupaten Subang menjadi salah satu penyumbang terbesar bagi berbagai komoditas pangan untuk di Jawa Barat. Kedua, hampir setengah penduduk Subang bekerja sebagai petani.

Berdasarkan berbagai penelitian dan laporan, banyak terjadi alih fungsi lahan di Kabupaten Subang. Khusus wilayah pertanian, sudah banyak yang berubah menjadi wilayah untuk perumahan, industri, termasuk pembangunan Tol Cikopo-Palimanan. Hal ini tentu menjadi permasalahan penting, tidak hanya bagi mata pencaharian warga, tetapi juga ketahanan pangan untuk Jawa Barat dan Subang.

Ahli fungsi lahan ini marak terjadi sejak sekitar tahun 2000-an. Warga memerlukan solusi bagaimana cara untuk dapat menanam komoditas pangan, untuk mencukupi kebutuhan pangan dan keuangan dalam keluarga, di tengah lahan yang semakin dialih fungsikan oleh berbagai macam jenis industri.

Solusi

Para petani akan diberi solusi untuk dilatih membangun sistem Akuaponik. Sistem Akuaponik adalah gabungan dari Akuakultur dan Hidroponik, dipandang sebagai solusi yang tepat, karena sistem ini dapat mempertahankan bahkan meningkatkan produktivitas pertanian yang menghadapi permasalahan keterbatasan ketersediaan lahan.

Ada beberapa keunggulan dari akuaponik diantaranya 1) hemat air karena sistem sirkulasi air dapat terus berulang, 2) hemat lahan, 3) hemat tenaga kerja, karena kolam ikan tidak perlu dibersihkan, 4) populasi padat, dimana jumlah ikan yang ditebar lebih banyak dari sistem konvensional, 5) tidak menggunakan pupuk kimia, dan 6) tanpa pestisida, yang membuat tanaman menjadi lebih segar dan sehat.

Selain itu pertanian menggunakan sistem Akuaponik akan meningkatkan pendapatan petani karena adanya kolam ikan air tawar. Para petani bisa menjual ikan dari kolam Akuaponik untuk meningkatkan pendapatan mereka atau dikonsumsi untuk keluarga.

 

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Jawa Barat - Kab Subang
Terkini
Kayuh Wooden Bike : Obat Macet dan Solusi Cegah Po ...
15/08/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Nozzle Digital, Inovasi Pencegahan Kecurangan SPBU
15/08/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Tangan Tuan Takur, Inovasi untuk Mencegah Kematian ...
14/08/2018 :: Kalimantan Selatan - Kab Tanah Bumbu
Charger Ponsel Gratis di Lapangan Monas Persembaha ...
14/08/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Mala'Bi, Aplikasi Online Berbasis Android di Provi ...
13/08/2018 :: Sulawesi Barat - Kab Mamuju Tengah