Pompa Hidrolik, Solusi Inovasi Untuk Kekeringan

19 Jul 2017

SUBANG - Kekeringan merupakan masalah yang tak kunjung selesai di negeri ini. Indonesia sebagai negara tropis tidak terlepas dari masalah kekeringan di berbagai daerah termasuk daerah yang dianggap lumbung air seperti daerah Subang, Jawa Barat. Subang sendiri yang memiliki banyak titik air bersih tidak membuat masyarakat mudah mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Permasalahan kesulitan air bersih terjadi karena dua faktor utama, pertama karena daerah tersebut mengalami kekeringan sehingga sumur-sumur warga tidak memiliki air dan kedua akibat ketidakmampuan masyarakat untuk membayar listrik untuk mesin air.

Hal ini tentu dibutuhkan sebuah solusi yang inovatif untuk menyelesaikan dua masalah sekaligus. Pompa Hidrolik adalah solusinya, pompa ini bekerja menggunakan sistem pengangkut hidrolik tanpa menggunakan listrik. Pompa ini sanggup untuk mengangkat air 22 liter perdetik dengan ketinggian 150 meter secara tegak lurus.

Pompa Hidrolik ini akan dipasang di Wanayasa, Subang untuk menjadi daerah percontohan pemanfaatan Pompa Hidrolik. Kegiatan ini kerja sama antara Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Darat (Dislitbangad) dan Gerakan Indonesia Berinovasi. Kegiatan ini langsung diarahkan oleh Kepala Laboratorium Dislitbangad Bandung, Letkol CPL Ops Simon Petrus Kamlasi.

Tujuan akhir kegiatan ini akan memberikan solusi inovatif atas permasalahan masyarakat sekitar, dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat hidup lebih baik untuk mendapatkan air bersih dengan harga lebih murah dan dinikmati secara kolektif.

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Jawa Barat - Kab Subang
Terkini
Gubernur Jatim: Inovasi Pelayanan Publik Harus Ram ...
13/12/2018 :: Jawa Tengah - Kota Semarang
Keren Nih, Parkir Kendaraan di Monas Sekarang Paka ...
10/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Warga Bekasi Bisa Memantau Keberadaan Trans Patrio ...
11/12/2018 :: Jawa Barat - Kota Bekasi
KAI Perkenalkan Inovasi Kereta Kesehatan Kepada An ...
12/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
LPMUKP Telah Memberi Manfaat 11.613 Wirausaha Kela ...
06/12/2018 :: Jawa Timur - Kota Malang

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)