Pompa Hidrolik, Solusi Inovasi Untuk Kekeringan

19 Jul 2017

SUBANG - Kekeringan merupakan masalah yang tak kunjung selesai di negeri ini. Indonesia sebagai negara tropis tidak terlepas dari masalah kekeringan di berbagai daerah termasuk daerah yang dianggap lumbung air seperti daerah Subang, Jawa Barat. Subang sendiri yang memiliki banyak titik air bersih tidak membuat masyarakat mudah mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Permasalahan kesulitan air bersih terjadi karena dua faktor utama, pertama karena daerah tersebut mengalami kekeringan sehingga sumur-sumur warga tidak memiliki air dan kedua akibat ketidakmampuan masyarakat untuk membayar listrik untuk mesin air.

Hal ini tentu dibutuhkan sebuah solusi yang inovatif untuk menyelesaikan dua masalah sekaligus. Pompa Hidrolik adalah solusinya, pompa ini bekerja menggunakan sistem pengangkut hidrolik tanpa menggunakan listrik. Pompa ini sanggup untuk mengangkat air 22 liter perdetik dengan ketinggian 150 meter secara tegak lurus.

Pompa Hidrolik ini akan dipasang di Wanayasa, Subang untuk menjadi daerah percontohan pemanfaatan Pompa Hidrolik. Kegiatan ini kerja sama antara Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Darat (Dislitbangad) dan Gerakan Indonesia Berinovasi. Kegiatan ini langsung diarahkan oleh Kepala Laboratorium Dislitbangad Bandung, Letkol CPL Ops Simon Petrus Kamlasi.

Tujuan akhir kegiatan ini akan memberikan solusi inovatif atas permasalahan masyarakat sekitar, dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat hidup lebih baik untuk mendapatkan air bersih dengan harga lebih murah dan dinikmati secara kolektif.

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Jawa Barat - Kab Subang
Terkini
Kayuh Wooden Bike : Obat Macet dan Solusi Cegah Po ...
15/08/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Nozzle Digital, Inovasi Pencegahan Kecurangan SPBU
15/08/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Tangan Tuan Takur, Inovasi untuk Mencegah Kematian ...
14/08/2018 :: Kalimantan Selatan - Kab Tanah Bumbu
Charger Ponsel Gratis di Lapangan Monas Persembaha ...
14/08/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Mala'Bi, Aplikasi Online Berbasis Android di Provi ...
13/08/2018 :: Sulawesi Barat - Kab Mamuju Tengah