Jokowi: Inovasi, Kreativitas, dan Entrepreneurship

19 Jul 2017

JAKARTA - Presiden Jokowi melihat perubahan yang cepat pada hari ini. Semua aspek berubah sangat cepat, baik teknologi infomasi dan cara hidup manusia. Perubahan ini perlu diantisipasi oleh pemerintah pusat dan daerah, karena perubahan pemerintah pun harus ikut berubah dalam membentuk Indonesia yang lebih baik.

"Daerah perlu disiapkan inkubator-inkubator untuk membendung perubahan, tidak hanya perijinan yang lama, tapi sekarang hitungan perijinan berdasarkan hari atau jam, tidak ada lagi yang lama. Kalau seperti itu kita akan ditinggal betul." Kata Jokowi di hadapan para bupati se-Indonesia dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) X Apkasi di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Rabu (19/7/2017) pagi.

Presiden Jokowi melihat masih banyaknya daerah yang memberikan izin masih lama. Selain itu, bukan hanya masalah perizinan yang lama, Presiden Jokowi melihat pemerintah daerah harusnya sudah memikirkan dengan baik bagaimana mendekatkan diri dengan teknologi untuk kemajuan daerahnya masing-masing.

Salah satunya bagaimana restoran padang dapat di search lewat google. Untuk dimasa depan yang akan memimpin generasi di Indonesia adalah generasi Y dan generasi Z. Mobil kedepannya akan menggunakan listrik seperti mobil Tesla karya Elon Musk dan perikanan sudah ke arah offshore aquaculture.

"Kalau sudah berhasil tiru saja sambil nanti inovasi, jadikan ia mitra. Dulu Efisiensi dan produktif sudah cukup, sekarang tidak cukup untuk memenangkan persaingannya. Kuncinya tiga hal, inovasi, kreativitas, dan Entrepreneurship" Lanjut Jokowi.

Untuk kemajuan daerah Presiden Jokowi meminta kepada para bupati untuk memaksimalkan sumber daya yang banyak. Masih banyak sumber daya yang belum termanfaatkan dengan baik, salah satu caranya dengan memfokuskan anggaran di daerah.

Jangan semua sektor ingin dikembangkan, harus pilih satu atau dua sektor saja yang ingin dijadikan unggulan. Dalam Rakernas Apkasi X hadir juga kepala Polri Jendral Tito Karnavian, Menteri Koodinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Foto: Setkab.go.id

 

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Terkini
Kayuh Wooden Bike : Obat Macet dan Solusi Cegah Po ...
15/08/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Nozzle Digital, Inovasi Pencegahan Kecurangan SPBU
15/08/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Tangan Tuan Takur, Inovasi untuk Mencegah Kematian ...
14/08/2018 :: Kalimantan Selatan - Kab Tanah Bumbu
Charger Ponsel Gratis di Lapangan Monas Persembaha ...
14/08/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Mala'Bi, Aplikasi Online Berbasis Android di Provi ...
13/08/2018 :: Sulawesi Barat - Kab Mamuju Tengah