Kependudukan Berbasis Tiga Dimensi: Sebuah Inovasi Kependudukan

03 Nov 2017

indonesiaberinovasi.com - Informasi kependudukan adalah hal mutlak yang perlu dilakukan oleh berbagai daerah. Informasi ini berguna untuk memberikan rekomendasi kepada pemimpin daerah untuk bisa mengambil kebijakan tertentu terkait persebaran penduduk.

Karena pesabaran penduduk akan berkaitan dengan berbagai macam isu sosial. Penduduk yang berada di sekitar pegunungan dengan penduduk di sekitar pesisir akan memiliki isu sosial yang berbeda.

Isu sosial ini akan membawa masyarakat pada masalah tertentu dan masalah inilah yang perlu diselesaikan berdasarkan data kependudukan. Data kependudukan yang berkembang sampai saat ini banyak hanya berkutat pada pencatatan sipil secara administratif saja.

Umumnya pemerintah daerah menjalankan pencatatan penduduk untuk tujuan dari pemerintah pusat untuk mendapatkan data mengenai kondisi penduduk dan jumlah penduduk disuatu daerah.

Kedepannya pemerintah daerah harus membuat pencacatan penduduk lebih spesifik dan tertata agar pengambilan kebijakan terkait kondisi wilayah akan semakin mudah.

Karena ada beberapa isu yang ditemukan diberbagai daerah mengenai kurangnya pendataan penduduk dan kondisi pesabaran penduduk.

Data Kependudukan Berbasis Tiga Dimensi

Salah satu daerah yang sedang mengembangkan data kendudukan tiga dimensi adalah Kampung Biantan Ilir, Kecamata Biantan. Pemerintah Kampung Biantan Ilir menginisiasi inovasi dalam pendataan penduduk di wilayahnya.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah pendataan di kampungnya. Semua data yang masuk nanti akan masuk dalam sistem digital dan dapat dipantau oleh pihak pemerintah kampung.

"Ini terobosan baru, dan saya yakin di Pesisir Berau belum ada. Apalagi, ini juga memudahkan kita dalam melihat data penduduk Biatan Ilir. Disamping itu, kita juga akan melakukan update secara berkala, paling lambat 3 bulan sekali data akan diperbaharui. Makanya, setiap Ketua RT kita maksimalkan kinerjanya," ujar Abdul Hafid, Kepala Desa Biantan Ilir berdasarkan lama www.beraunews.com.

Inovasi ini dilakukan dengan menggandengan seluruh elemen yang dimiliki wilayah tersebut. LSM memberikan pendampingan untuk mengumpulkan data dan mengembangkan sistem digitalnya.

Ketua RT dilibatkan untuk membantu mendapatkan data dari penduduk dari segi catatan administratif dan kondisi geografis dari penduduk. Penduduk diajak bersama untuk ikut mengumpulkan data mengenai kondisi wilayahnya. Abdul Hafid berharap inovasi akan rambung dan dapat digunakan tahun depan.

 

gambar: radarplanologi.com

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Kalimantan Timur - Kab Berau
Terkini
Jogjaplan Sebagai Salah Satu Alat Memaksimalkan Si ...
16/10/2018 :: Di Yogyakarta - Kota Yogyakarta
Pocemon Terobosan Baru Polresta Banjarmasin Wujudk ...
15/10/2018 :: Kalimantan Selatan - Kota Banjarmasin
Inovasi Karet Alam untuk Aspal Jalan
15/10/2018 :: Sumatera Selatan - Kab Musi Banyuasin
Pemerintah RI dan Australia Jalin Kemitraan Lewat ...
12/10/2018 :: Nusa Tenggara Timur - Kota Kupang
Inovasi untuk Bawang Merah Murah
13/10/2018 :: Jawa Timur - Kab Probolinggo

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)