Kepala LAN: Saatnya Pemerintah Daerah Membagikan Inovasi Untuk Pemerintah Daerah Lain

16 Nov 2017

JAKARTA – Tepat hari Kamis, tanggal 16 Desember 2017 Lembaga Administrasi Negara (LAN) mengadakan kegiatan “Launching Indeks Persepsi Inovasi Pelayanan Publik dan Forum Replikasi Inovasi”. Acara ini mengundang berbagai pemerintah daerah baik sebagai pembicara dan peserta.

Tujuan acara ini adalah membagikan ide, gagasan, dan pengalaman inovasi pelayanan publik di daerah masing-masing. Acara ini berlangsung selama dua hari sampai hari Jumat, 17 November 2017.

Acara ini dibuka langsung oleh kepala LAN, Adi Suryanto. Dalam sambutannya, Adi Suryanto menginginkan berbagai daerah untuk terus melakukan inovasi.

Hari ini inovasi bukan hanya menjadi nafas bagi lembaga swasta saja, tetapi juga menjadi nafas lembaga pemerintah sebagai garda terdepan untuk melayani masyarakat.

Pelayanan publik harus semakin efisien dan efektif dalam melayani segala jenis keperluan masyarakat. Peningkatan efisien dan efektif hanya melalui cara inovasi yang dilakukan seluruh komponen pemerintah.

Untuk pemerintah daerah yang telah melakukan inovasi perlu diberikan apresiasi dan didorong untuk menularkan kepada daerah-daerah lain.

“Kita perlu menghilangkan kotak-kotak antar daerah. Sudah saatnya pemerintah daerah membagikan ide-ide dan cara berinovasi dipelayanan publik kepada daerah lain”, Ungkap Adi Suryanto. Inovasi yang dilakukan pemerintah-pemerintah daerah hari ini tidak hanya terbatas pada pemerintah yang berada di Pulau Jawa.

Banyak pemerintah-pemerintah daerah di luar Pulau Jawa yang membuat inovasi yang lebih baik. Hal ini pun juga diungkapkan Adi Suryanto dalam pembukaannya, “Beberapa daerah yang jauh dari ibu kota memiliki inovasi yang jauh lebih baik dari yang kita dapati selama ini”.

(sumber: pribadi)

Forum ini juga memfasilitasi choacing clinic bagi para peserta untuk belajar secara teknis dari awal pembuatan gagasan dan analisis masalah sampai implementasi inovasi pelayanan publik, dengan diharidiri Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), dan Pemda-Pemda lain.

 

 

 

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Terkini
Kayuh Wooden Bike : Obat Macet dan Solusi Cegah Po ...
15/08/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Nozzle Digital, Inovasi Pencegahan Kecurangan SPBU
15/08/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Tangan Tuan Takur, Inovasi untuk Mencegah Kematian ...
14/08/2018 :: Kalimantan Selatan - Kab Tanah Bumbu
Charger Ponsel Gratis di Lapangan Monas Persembaha ...
14/08/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Mala'Bi, Aplikasi Online Berbasis Android di Provi ...
13/08/2018 :: Sulawesi Barat - Kab Mamuju Tengah