Aplikasi Sipades, Wujud Terobosan Inovatif untuk Pemerintahan Inovatif

23 Mar 2018

Batang - Dalam beroperasi sebuah desa membutuhkan yang namanya sistem pengelolaan keuangan, apa lagi ditengah konsep pemberian dana desa sebagai cara untuk pengembangan desa untuk lebih sejahtera. Pemberian dana desa dari pemerintah pusat tidak terlepas dari tujuan pengembangan kesejahteraan yang menyeluruh sampai ke desa. Diharapkan dana tersebut dikelola dengan baik agar tercipta masyarakat yang sejahtera.

Terciptanya masyarakat yang sejahtera juga ditentukan oleh pengelolaan dana desa sebagai basis pencatatan seluruh kegiatan perangkat desa dalam menjalankan pemerintannya. Semua hal ini tidak akan terjadi, kalau tidak ada sistem yang membentuk pengelolaan keuangan desa untuk lebih baik. Sistem ini harus sifatnya terkomputerisasi dan dapat dipantau oleh siapapun agar saling mengoreksi dalam setiap kegiatan perangkat desa.

Salah satu daerah yang sedang dikembangkan berada di wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Berdasarkan laman tribunjateng.com (23/3) Sistem Informasi Pengeolaan Keuangan Desa (Sipades) sudah diluncurkan didaerah ini. Dalam acara ini turut hadir Bupati Batang, Wihaji, Jendral Kapolri Tito Karnavian, dan Kapolda Jateng Condro Kirono. Menurut Wahaji, adanya sistem ini yang dalam bentuk aplikasi mampu membentuk sistem pengelolaan dana desa yang tepat sasaran, transparan, dan akuntabel.

"Inisiasi yang sangat luar biasa untuk mencegah penyimpangan dan praktek-praktek korupsi dalam mengelola dana desa, sehingga dana desa benar-benar tepat sasaran dan tepat manfaat serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa," tutur Wahiji.

Selain itu, diera ini yang menekankan pemerintahan yang lebih bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

"Kabupaten Batang sebagai percontohan transparansi anggaran yang direkomendasikan KPK sebagai pusat rujukan, aplikasi ini sebagai terobosan kreatif dan inovatif yang bekerja sama dengan Polres Batang," imbuhnya.

Selain itu, Kapolda Jateng Irjen Condro kirono beserta jajaran Babinkamtibnas ditingkat Polsek akan mendampingi dari sistem ini."Ini bentuk sinergesitas Polres Batang dan Pemkab Batang dengan Sipades yang terkoneksi dengan sistem keuangan, yang dimana anggota Polri melalui Babinkamtibnas di tingkat Polsek mendampingi dan menertibkan kepala desa dalam pengoptimalan dana desa agar tepat sasara, transparan, dan akuntabel," paparnya.

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Jawa Tengah - Kab Batang
Terkini
Pelajar dan Mahasiswa Indonesia Borong Tiga Medali ...
23/04/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Hadir di Sidang ASGP, Sekjen DPR RI Pamer Inovasi ...
22/04/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Kemenhub dan ITS Proyeksikan 200 Kapal Terbuat dar ...
18/04/2019 :: Jawa Timur - Kota Surabaya
Kabupaten Sinjai Sabet Penghargaan Daerah Inovasi ...
16/04/2019 :: Sulawesi Selatan - Kab Sinjai
Inovasi Kementerian PANRB Dapat Pujian Peserta Sid ...
15/04/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat