Inovasi Kepolisian untuk Pelayanan Lebih Baik

27 Mar 2018

JAKARTA - Inovasi sektor publik tidak hanya dimiliki oleh institusi kementerian atau lembaga negara yang selalu disorot karena dorongan inovasi tersebut, tetapi institusi keamanan dalam negara pun bisa melakukan inovasi. Inovasi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar masyarakat semakin aman. Salah satu Lembaga yang melakukan berbagai inovasi adalah Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Dalam benak sebagian masyarakat menyadari bahwa Kepolisian sering kali melakukan hanya keamanan dan pelayanan admisistrasi guna ketertiban.  Hal ini berubah dengan adanya beberapa Inovasi baru yang dihadirkan oleh Polri.

e-samsat, bayar pajak, dan urus STNK secara Online

Salah satu inovasi yang dihadirkan Polda Metro Jaya adalah kemudahan untuk membayar berbagai administrasi terkait ketertiban lalu lintas. Seperti yang lansir kumparan.com (26/3), melalui e-samsat kini bayar pajak kendaraan, urus STNK, dan SIM bisa secara online. Adanya e-samsat ini tujuannya mempermudah masyarakat dalam membayar berbagai keperluan adiminstrasi, dengan ini masyarakat tidak perlu lagi mengatre panjang di kantor samsat.

Adanya sistem bagi yang ingin perpanjang pajak dan STNK cukup dengan  memasukan nomor polisi pada kendaraan yang dimiliki, setelah memasukkan nomor polisi data akan tersimpan dan terintegrasi dengan Samsat. Program ini bertujuan untuk menekan prilaku koruptif di lingkungan Polri, khususnya Samsat. Sistem ini baru berjalan di daerah Jakarta Selatan. Adanya sistem ini diharapkan menjadi role model bagi daerah lain yang ingin mengembangkan sistem yang sama.

Inovasi alat edukasi keselamatan

Tidak hanya untuk pelayanan untuk administrasi, Polri juga memperkenalkan sebuah inovasi dalam edukasi keselamatan. Hal ini dilakukan Satlantas Polres Bogor. Berdasarkan laman radarbogor.id (26/3) ada beberapa alat yang diciptakan oleh Satlantas Polres Bogor, diantaranya patung superhero sebagai himbauan pengguna helm. Patung ini sebagai sebuah simbol untuk sosialisasi penggunaan helm kepada pengendara bermotor. 

Ada lagi papan rambu portable, himbauan untuk berhati-hati di daerah rawan laka lantas. Selain itu ada juga blitz, alat ini bertujuan untuk sosialisasi keselamatan adalah tanggung jawab bersama. Ada pula ada pula traffic cone yang menggunakan lampu peringatan yang dapat digunakan sebagai pembatas jalan. 

Kesemua inovasi sesuai dengan tagline dari Polres Bogor, “low cost high gain”. Kesemua inovasi ini dibuat dengan biaya yang sedikit tetapi berdaya guna tinggi. Kesemua ini tentu akan memberikan kesadaran bagi para pengguna untuk tetap menjaga keselamatan diri selama di perjalanan. 

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Dki Jakarta - Kota Jakarta Selatan
Terkini
Gubernur Jatim: Inovasi Pelayanan Publik Harus Ram ...
13/12/2018 :: Jawa Tengah - Kota Semarang
Keren Nih, Parkir Kendaraan di Monas Sekarang Paka ...
10/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Warga Bekasi Bisa Memantau Keberadaan Trans Patrio ...
11/12/2018 :: Jawa Barat - Kota Bekasi
KAI Perkenalkan Inovasi Kereta Kesehatan Kepada An ...
12/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
LPMUKP Telah Memberi Manfaat 11.613 Wirausaha Kela ...
06/12/2018 :: Jawa Timur - Kota Malang

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)