"Blended Finance", Inovasi Pemerintah Untuk SDGs

03 Apr 2018

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pemerintah terus mengembangkan penerapan pola Blended Finance sebagai instrumen pembiayaan Suistable Development Goals (SDGs). Secara konsep umum blended finance adalah proses pembiayaan yang melibatkan pihak swasta dan industri jasa keuangan dalam mendukung proyek-proyek dalam pembangunan berkelanjutan.

“ OJK bersama Pemerintah serius mengembangkan blended finance ini sebagai salah satu instrumen keuangan untuk memacu pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, menutup keterbatasan ruang fiskal, menarik sumber-sumber pendanaan internasional masuk ke Indonesia dan sekaligus berkontribusi pada kestabilan sistem keuangan kita,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso saat membuka “Focus Group Discussion Mengenai Blended Finance” di Kantor OJK, Jakarta, Senin (2/4/2018) dari laman kompas (3/4).

Selain itu, diharapkan konsep pembangunan ini dapat menjadi alternatif bagi pembiyaan pembangunan yang merata untuk sosial.

Seperti yang kata Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, "Banyak target pembangunan infrastruktur tersebut relevan dengan pencapaian SDGs, seperti pengentasan kemiskinan, penyediaan air bersih dan sanitasi, serta penyediaan infrastruktur untuk mendorong industri,"

Pemerintah hanya sanggup hanya 25 persen untuk memenuhi seluruh kebutuhan pembiayaan dari proyek-proyek pembangunan infrastruktur bagi masyarakat, untuk itu diperlukan berbagai inovasi agar swasta dapat minat membiayai.

Pemerintah saat ini telah memberikan penjaminan kredit, subsidi, maupun Viability Gap Fund (VGF) dan Avaibility Payment (AP) untuk proyek-proyek yang memiliki dampak ekonomi yang besar tetapi memiliki kelayakan keuangan yang kurang.

sumber: kompas.com 

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Terkini
Si Terpa Daya Jiwa Solusi Bagi Penderita Gangguan ...
17/02/2019 :: Jawa Tengah - Kab Klaten
Aplikasi SimPADU-PMI Sebagai Pelindung Pekerja Mig ...
16/02/2019 :: Jawa Timur - Kota Surabaya
e-FLPP Permudah Kredit Pemilikan Rumah bagi Masyar ...
15/02/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Aruna, Aplikasi untuk Bantu Nelayan Indonesia Eksp ...
13/02/2019 :: Kalimantan Barat - Kota Pontianak
Simanja, Inovasi untuk Kinerja ASN
13/02/2019 :: Kepulauan Riau - Kota Tanjung Pinang