Pembangunan Desa Butuh Pembinaan

19 Jul 2018

Indonesiaberinovasi.com, JAKARTA – Dalam pembangunan desa membutuhkan berbagai aspek untuk meningkatkan kesejahteraan dipedesaan. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah pilar dari perekonomian desa yang sanggup meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Dalam pengembangan UMKM di desa harus didasarkan karakteristik dari desa yang akan dikembangkan. Berdasarkan data Bank Indonesia sebagaian besar UMKM di Indonesia masih dalam bidang pertanian dan perternakan, berbeda dengan beberapa negara ASEAN lainnya yang sudah masuk sektor jasa, seperti Malaysia (93,1 persen), Thailand (47,7 persen), dan Filipina (42,5 persen).

Kondisi ini mengharuskan setiap stakeholder dalam mengembangkan kesejahteraan harus memahami proses bisnis dan prinsip-prinsip utama dalam mengembangkan UMKM.

Hal ini senada disampaikan Budi Widihartanto, Deputi Pengembangan UMKM Bank Indonesia (BI) Jakarta 18/7, “Bank Indonesia memiliki beberapa prinsip dalam mengembangkan UMKM diantaranya, menyeluruh, target jelas, value added, memperhatikan potensi, inklusif, membangun kemitraan strategis, dan mendukung kebijakan BI”.

Menjalankan prinsip-prinsip tersebut dibutuhkan pendampingan, agar para UMKM dapat mengembangkan diri secara berkelanjutan. Pembinaan itu dibutuhkan secara menyeluruh, artinya tidak hanya sinergis tapi terintegrasi.

Hal ini disampaikan oleh Abdul Ghofur, Direktur Mandiri Amal Insani Foundation,”wilayah pedesaan yang 42 persen adalah wilayah persawahan, permasalahannya bukan sekedar kekurangan uang, tetapi kekurangan sumber daya seperti air, sehingga apa yang dilakukan kami untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan air juga mendukung mengembangkan bisnisnya di sawah”

Pengembangan masyarakat yang terus berlanjut, UMKM yang terbentuk menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes ini sangat berguna sebagai bagian pelengkap koperasi yang umumnya hanya simpan pinjam, dimana BUMDes memiliki berbagai kegiatan bisnis dalam sektor riil yang mendukung kesejahteraan masyarakat.

foto: pribadi

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Dki Jakarta - Kota Jakarta Selatan
Terkini
Jogjaplan Sebagai Salah Satu Alat Memaksimalkan Si ...
16/10/2018 :: Di Yogyakarta - Kota Yogyakarta
Pocemon Terobosan Baru Polresta Banjarmasin Wujudk ...
15/10/2018 :: Kalimantan Selatan - Kota Banjarmasin
Inovasi Karet Alam untuk Aspal Jalan
15/10/2018 :: Sumatera Selatan - Kab Musi Banyuasin
Pemerintah RI dan Australia Jalin Kemitraan Lewat ...
12/10/2018 :: Nusa Tenggara Timur - Kota Kupang
Inovasi untuk Bawang Merah Murah
13/10/2018 :: Jawa Timur - Kab Probolinggo

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)