Pemerintah Pusat Tingkatkan Kapasitas Daerah Melalui RIF

09 Aug 2018

Indonesiaberinovasi.com, Jakarta – Dalam mencapai tujuan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) untuk desa, pemerintah meningkatkan kerja sama dengan Pemerintah Kanada. Kerja sama dalam bentuk memperluas kawasan yang akan mendapatkan Dana Inovasi Responsif (RIF).

RIF sendiri adalah salah satu komponen dalam proyek NSLCI/NSELRED berupa bantuan teknis untuk pemerintah daerah dalam mengembangkan cara-cara inovatif untuk meningkatkan perekonomian di Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN).

Sebelumnya hanya fokus pada Gorontalo dan Sulawesi Tenggara kini diperluas ke enam desa lainnya yang termasuk ke dalam enam kabupaten prioritas nasional sejak tahun 2017. RIF sendiri melalukan berbagai program diantaranya, bantuan teknis perizinan, peningkatkan kapasitas UMKM, dan jaringan pemasaran.

“RIF ini sebagai insentif inovasi pembangunan dengan pengembangan ekonomi local”, ungkap Direktur Daerah Tertinggal, Transmigrasi, dan Perdesaan, Kementerian PPN/Bappenas, Sumedi Andono Mulyo.

Dalam proyek ini melibatkan Kemenko PMK, Kementerian ATR/BPR, Kementerian Desa PDTT dan Pemerintah Kanada. Sebelumnya proyek ini sudah berjalan melalui Proyek National Support for Local Investment Climates (NSLIC)/National Support for Enhaching Local and Regional Economic Development (NSELRED).

Direktur Proyek NSLIC, Rino A Sa'danoer, mengungkapkan tujuan akhir proyek ini berupa peningkatan lapangan kerja dan pendapatan masyarakat miskin melalui pengembangan iklim usaha dan pengembangan ekonomi lokal.

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Terkini
Jogjaplan Sebagai Salah Satu Alat Memaksimalkan Si ...
16/10/2018 :: Di Yogyakarta - Kota Yogyakarta
Pocemon Terobosan Baru Polresta Banjarmasin Wujudk ...
15/10/2018 :: Kalimantan Selatan - Kota Banjarmasin
Inovasi Karet Alam untuk Aspal Jalan
15/10/2018 :: Sumatera Selatan - Kab Musi Banyuasin
Pemerintah RI dan Australia Jalin Kemitraan Lewat ...
12/10/2018 :: Nusa Tenggara Timur - Kota Kupang
Inovasi untuk Bawang Merah Murah
13/10/2018 :: Jawa Timur - Kab Probolinggo

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)