Pakde Karwo Paparkan Inovasi Pembiayaan Jawa Timur

10 Aug 2018

Indonesiaberinovasi.com, SURABAYA – Inovasi Pembiayaan berguna untuk mengatasi pengeluaran pemerintah yang semakin menurun. Inovasi-inovasi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam mencapai titik optimal dari inovasi model pembiayaan. Salah satu Pemerintah Daerah yang mengembangkan Inovasi Pembiayaan Daerah adalah Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo memaparkan inovasi pembiayaan Jawa Timur kepada Mahasiswa Profesi Akuntansi Universitas Gadjah Mada (UGM). Ada dua jenis utama dalam inovasi yang dilakukan oleh Pemprov Jawa Timur, yaitu Fiscal Engineering dan Creative Engineering

Pembiayaan menggunakan Fiscal Engineering diterapkan Bersama Bank Jatim melalui Loan Agreement. Melalui Loan Agreement, Bank Jatim akan memberikan bunga rendah mencapai 6-9 persen untuk UMKM. Pembiyaan yang diberikan bertujuan untuk menekan angka urbanisasi, mendidik UMKM, memberikan nilai tambah pada industri UMKM.

Melalui pembiayaan ini diharapkan memberikan solusi terhadap inflasi akibat biaya yang mahal dalam memproduksi berbagai barang. Pada ujungnya, konsep ini untuk menurukan kemiskinan di daerah, “Serta, menurunkan kemiskinan di perdesaan," kata Soekarwo, di UPT Lab Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Jatim, Selasa (7/8).

Fiscal Engineering juga diterapkan pada Badan Layanan Umum-Daerah seperti Rumah Sakit yang tidak menggunakan APBD dan Pedagang Besar Farmasi (PBF) dan Pedagang Besar Alat Kesehatan (PBAK) untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Untuk Creative Engineering bertujuan menggandeng berbagai pihak untuk menciptakan Public Private Partnership (PPP). Adapun pihak-pihak yang diajak bekerja sama adalah Bank Umum, Non Bank, dan obligasi daerah. Adanya kerja sama dengan pihak-pihak diluar pemerintah akan terbit Corporate Bond.

Salah satu yang menjadi tujuan adalah Corporate Bond adalah proyek pelabuhan probolinggo. pembiayaan dengan PPP telah dilakukan proyek SPAM Umbulan yang jadi kerja sama yang telah mendapat penghargaan dari PBB.

Foto: Istimewa

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Jawa Timur - Kota Surabaya
Terkini
Si Terpa Daya Jiwa Solusi Bagi Penderita Gangguan ...
17/02/2019 :: Jawa Tengah - Kab Klaten
Aplikasi SimPADU-PMI Sebagai Pelindung Pekerja Mig ...
16/02/2019 :: Jawa Timur - Kota Surabaya
e-FLPP Permudah Kredit Pemilikan Rumah bagi Masyar ...
15/02/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Aruna, Aplikasi untuk Bantu Nelayan Indonesia Eksp ...
13/02/2019 :: Kalimantan Barat - Kota Pontianak
Simanja, Inovasi untuk Kinerja ASN
13/02/2019 :: Kepulauan Riau - Kota Tanjung Pinang