Kota Makassar Menghadirkan Inovasi Layanan Kependudukan Melalui Android

10 Aug 2018

Indonesiaberinovasi.com, Makassar – Android merupakan salah satu penemuan terbaik abad ini, melalui platform ini berbagai aplikasi hadir untuk memberikan inovasi untuk masyarakat. Hal ini tak terkecuali yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil meluncurkan aplikasi berbasis kependudukan dalam platform android.

Aplikasi ini bernama “Kucataki”, diluncurkan di Hotel Best Western Makassar, Rabu (8/8/2018) oleh Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto. Danny mengapresiasi untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar, karena telah melakukan inovasi untuk memudahkan dalam pencatatan kelahiran dan kematian. Tidak sekedar memudahkan, aplikasi ini akan mendata secara lebih akurat dan cepat. 

"Kucataki merupakan sebuah inovasi dalam mewujudkan pemenuhan atas hak terhadap anak untuk kepemilikan identitias  berupa akte kelahiran. Dan, juga surat keterangan kematian bagi ahli waris," ucap Danny. Aplikasi ini merupakan salah penunjang untuk membetuk Kota Makassar menjadi smart city. Aplikasi “Kucataki” akan langsung dikoneksikan dengan aplikasi smart city yang berada di war room lantai 10 Balai Kota Makassar.

Dalam pengoperasiannya, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar, Nielma Palamba telah melakukan pelatihan teknis hingga tingkat RW dan RT. Guna mengoptimalkan aplikasi “Kucataki” Danny menandatangani perjanjian kerja sama antara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kota Makassar dengan rumah sakit beserta Dinas kesehatan dalam pemanfaatan data kependudukan berbasis Nomor Induk Keluarga (NIK).

foto: istimewa

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Sulawesi Selatan - Kota Makassar
Terkini
Jogjaplan Sebagai Salah Satu Alat Memaksimalkan Si ...
16/10/2018 :: Di Yogyakarta - Kota Yogyakarta
Pocemon Terobosan Baru Polresta Banjarmasin Wujudk ...
15/10/2018 :: Kalimantan Selatan - Kota Banjarmasin
Inovasi Karet Alam untuk Aspal Jalan
15/10/2018 :: Sumatera Selatan - Kab Musi Banyuasin
Pemerintah RI dan Australia Jalin Kemitraan Lewat ...
12/10/2018 :: Nusa Tenggara Timur - Kota Kupang
Inovasi untuk Bawang Merah Murah
13/10/2018 :: Jawa Timur - Kab Probolinggo

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)