Nozzle Digital, Inovasi Pencegahan Kecurangan SPBU

15 Aug 2018

Indonesiaberinovasi.com, JAKARTA - Nozzle (ujung keran corong penyaluran BBM) pada mesin dispenser SPBU menjadi tolak ukur BBM yang telah disalurkan kepada konsumen.

Karena menjadi tolak ukur bagi PT Pertamina (Persero) dalam penyaluran BBM, selalu ada peluang kecurangan bagi para SPBU dalam takarannya. Untuk itu Pertamina bekerja sama dengan PT Telkom (Persero) melakukan inovasi dalam pencegahan kecurangan dalam data yang ada di nozzle.

Inovasi yang dilakukan adalah digitalisasi ribuan nozzle yang tersebar diseluruh SPBU. Target dari BPH Migas dan Kementerian ESDM Nozzle sudah dipasangkan mencapai 5.518 SPBU diakhir 2018.

Tidak hanya untuk mencegah peluang kecurangan dalam data pendistribusian SPBU, juga untuk mencegah kecurangan dalam mencegah kecurangan pendistribusian BBM bersubsidi.

Menurut Senior Vice President of Corporate Shared Services Pertamina Jeffrey Tjahja Indra menjelaskan digitalisasi Nozzle dibarengi cashless di SPBU. Untuk itu pemerintah perlu untuk menerbitkan aturan terkait penyaluran subsidi BBM menggunakan sistem cashless.

"Apakah bisa dikolaborasikan dengan Himbara untuk cashless-nya? apakah misalnya juga bisa dikolaborasikan dengan Go-Pay atau electronic payment yang lain?" Ujar Jeffrey.

Sistem cashless ini akan berguna bagi Pertamina untuk mengidentifikasi setiap penerima, apakah termasuk dalam golongan harus menerima atau tidak, dengan itu akan lebih mudah dalam mencegah kebocoran BBM bersubsidi ke tangan tidak tepat sasaran.

Dalam penerapan digitalisasi nozzle masuk dalam fase pertama, tujuannya mengukur ketepatan volume penyaluran BBM. Waktu target ini diharapkan dicapai pada 31 Desember 2018. Semua data yang masuk dari Nozzle digital akan masuk secara real time ke Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian ESDM.

foto: istimewa

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Terkini
Pelajar dan Mahasiswa Indonesia Borong Tiga Medali ...
23/04/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Hadir di Sidang ASGP, Sekjen DPR RI Pamer Inovasi ...
22/04/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Kemenhub dan ITS Proyeksikan 200 Kapal Terbuat dar ...
18/04/2019 :: Jawa Timur - Kota Surabaya
Kabupaten Sinjai Sabet Penghargaan Daerah Inovasi ...
16/04/2019 :: Sulawesi Selatan - Kab Sinjai
Inovasi Kementerian PANRB Dapat Pujian Peserta Sid ...
15/04/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat