Mini Lab Food Security Bikin Konsumen Tenang Konsumsi Bahan Pangan

10 Sep 2018

Indonesiaberinovasi.com, BANDUNG - Program Mini Lab Food Security yang dikembangkan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, Jawa Barat, dinyatakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) masuk TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018. 

Program Mini Lab Food Security yang dikembangkan ini merupakan inovasi, untuk memberi keamanan dan kenyamanan konsumen mengkonsumsi bahan pangan segar. "Mini Lab Food Security untuk menguji keamanan pangan. Dibutuhkan waktu semenit, sebelumnya butuh waktu empat hari," jelas Ridwan Kamil, Walikota Bandung, Jawa Barat. 

Terkait program Mini Lab Food Security, Elly Wasliah, Kepala Dispangtan Kota Bandung mengungkapkan, inovasi tersebut dapat memfilter secara langsung pangan yang akan dibeli konsumen, sehingga terjaga kemurniannya. 

"Inovasi ini akan sangat berguna bagi masyarakat. Sebagai kota yang memiliki tingkat konsumsi cukup tinggi, Kota Bandung memerlukan pengawasan dan pemeriksaan pangan yang lebih intensif dan secara langsung," jelas Elly. 

Menurut Elly, konsumen perlu mengetahui keamanan pangan. Terlebih di pasaran, banyak bahan pangan yang mengandung zat kimia berbahaya. "Untuk menjaga keamanan masyarakat, Dispangtan juga menguji dan memeriksa pangan segar yang dijual atau diedarkan. Baik di pasar tradisional, pasar modern, distributor ataupun agen," jelasnya. 

Bagi Elly, inovasi pertama di Indonesia ini akan membuat masyarakat lebih tenang dalam memilih pangan untuk dikonsumsi. Dengan waktu yang sangat singkat, konsumen bisa mengetahui kandungan yang ada di dalam bahan makanan.

 

"Seperti contoh melalui halal tes. Kita cuma butuh waktu satu menit untuk mengetahui kandungan dari pangan tersebut. Melalui pemeriksaan Mini Lab Food Security, bahan pangan di 8 (delapan) Holding Company pasar modern dan 36 pasar tradisional di Kota Bandung bisa kita jamin keamanannya," tutur Elly.

Kini seluruh pasar modern dan tradisional di Kota Bandung telah dilengkapi Mini Lab Food Security. Dan demi meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas Mini Lab Food Security, Dispangtan Kota Bandung menyelenggarakan pelatihan yang diikuti 50 petugas Mini Lab Food Security, dari pasar tradisional dan modern.

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Jawa Barat - Kota Bandung
Terkini
Gubernur Jatim: Inovasi Pelayanan Publik Harus Ram ...
13/12/2018 :: Jawa Tengah - Kota Semarang
Keren Nih, Parkir Kendaraan di Monas Sekarang Paka ...
10/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Warga Bekasi Bisa Memantau Keberadaan Trans Patrio ...
11/12/2018 :: Jawa Barat - Kota Bekasi
KAI Perkenalkan Inovasi Kereta Kesehatan Kepada An ...
12/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
LPMUKP Telah Memberi Manfaat 11.613 Wirausaha Kela ...
06/12/2018 :: Jawa Timur - Kota Malang

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)