Semangka Inul, Inovasi Gapoktan Intarani

10 Sep 2018

Indonesiaberinovasi.com, Denpasar - Ditahun 2018 ini Kelompok Tani Nelayan Provinsi Bali akan manghadirkan Inovasi yang mereka buat di Pekan Daerah (PEDA) XXVI. Inovasi yang akan dihadirkan adalah Semangka Inul, semangka ini akan hadir dalam varian yang berbeda dari semangka pada umumnya. 

Semangka inul ini memiliki perbedaan dari tekstur dan bijinya. Teksturnya jauh lebih kenyal dan bijinya lebih sedikit dibandingkan varian semangka lainnya. Selain itu, Semangka Inul rasanya jauh lebih manis dan bentuknya jauh lebih lonjong.

Tidak hanya dari fisik semangkanya yang berbeda, tetapi juga cara menanamnya. "Cara tanamnya lebih mudah, karena tak banyak mempergunakan lahan. Di samping itu panennya juga memerlukan waktu kurang lebih dua bulan saja. Nah untuk nama berawal saya dikasi tahu sama pedagang bibitnya dulu," ungkap Pakaseh Subak Intaran, Wayan Subamia di laman Bali Express (10/9)

Selain itu menurut Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kota Denpasar, I Gede Ambara Putra, semangka inul adalah inovasi yang dilakukan kelompok tani dengan beberapa kali percobaan. Salah satunya melalui lahan yang tidak dialiri oleh air.

Adanya inovasi yang dilakukan kelompok petani ini membuat Semangka Inul menjadi icon bagi daerah Subak. Tidak hanya inovasi dalam bidang pertanian, pihak Pemkot Kota Denpasar akan terus mendukung berbagai inovasi yang akan diberikan.

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Bali - Kota Denpasar
Terkini
Wow ‘Dompet Ajaib’ Ini Bisa Mendeteksi Uang Pa ...
19/09/2018 :: Jawa Tengah - Kota Semarang
Para Mahasiswa Ini Jadikan Limbah Karat Besi Berni ...
18/09/2018 :: Jawa Tengah - Kota Semarang
Modifikasi Motor untuk Mencegah serta Menanggulang ...
17/09/2018 :: Kalimantan Tengah - Kota Palangka Raya
Inovasi Kesehatan di Papua, Mulai dari Kartu Papua ...
14/09/2018 :: Papua - Kota Jayapura
Surabaya Kini Punya Bus yang Bayarnya Pakai Sampah ...
13/09/2018 :: Jawa Timur - Kota Surabaya