E-Satria Kurangi Risiko Celah Pungli Proses Pembayaran Pajak

12 Sep 2018

Indonesiaberinovasi.com, BANDUNG - Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara dan pendapatan daerah yang sangat penting. Tanpa pajak dari warganya, sangat sulit bagi sebuah negara atau daerah untuk mengembangkan dirinya.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meluncurkan aplikasi baru, yang fungsinya adalah mempermudah para wajib pajak. Aplikasi tersebut dijuluki E-Satria (Self Assessment Tax Reporting Application).

Inovasi tersebut merupakan bagian dari komitmen Kota Bandung dalam pengembangan 'Smart City', atau kota pintar. Aplikasi E-Satria bisa memudahkan semua urusan pembayaran pajak, dengan mencoba memutus sistem layanan transaksi face to face. Antara si Wajib Pajak dengan Petugas Pajak.

Karena menurut pengamatan sejumlah pihak, risiko yang kerap menjadi celah pungli justru ketika terjadi tatap muka antara Wajib Pajak dengan Petugas pemungut pajak. Saat dikerjakannya di rumah, di kantor, dengan E-Satria, wajib pajak bisa menulis sendiri pajaknya dan mengup-load bukti-bukti pajak tang telah dilakukan. Ini salah satu bentuk mengelola pelayanan publik di masa depan.

Pemkot Bandung pun sangat berharap upaya tersebut mampu meningkatkan pendapatan daerah, dari sektor pajak yang sangat bermanfaat untuk pembangunan kota. Melalui aplikasi E-Satria, wajib pajak masuk ke sebuah sistem, untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Pembayaran pajak bisa langsung dilakukan secara daring (online). 

Elektronik Satria atau E-Satria kiranya dapat mengubah kultur atau kebiasaan masyarakat. Dari yang umumnya terjadi interaksi antara wajib pajak dengan para petugas. Sekarang dengan adanya teknologi E-Satria, seperti dikatakan di atas, takkan ada lagi komunikasi interaksi pertemuan antara Wajib Pajak dengan Petugas Pajak.

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Jawa Barat - Kota Bandung
Terkini
Jogjaplan Sebagai Salah Satu Alat Memaksimalkan Si ...
16/10/2018 :: Di Yogyakarta - Kota Yogyakarta
Pocemon Terobosan Baru Polresta Banjarmasin Wujudk ...
15/10/2018 :: Kalimantan Selatan - Kota Banjarmasin
Inovasi Karet Alam untuk Aspal Jalan
15/10/2018 :: Sumatera Selatan - Kab Musi Banyuasin
Pemerintah RI dan Australia Jalin Kemitraan Lewat ...
12/10/2018 :: Nusa Tenggara Timur - Kota Kupang
Inovasi untuk Bawang Merah Murah
13/10/2018 :: Jawa Timur - Kab Probolinggo

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)