Surabaya Kini Punya Bus yang Bayarnya Pakai Sampah Plastik

13 Sep 2018

Indonesiaberinovasi.com, SURABAYA - Sebagai moda transportasi dalam kota, antar kota dan antar propinsi, bus semakin hari semakin dibenahi. Seperti yang dilakukan Kota Surabaya, Jawa Timur melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, sukses melakukan uji coba rute bus tingkat atau double deck.

Bus bantuan dari salah satu Bank swasta itu merupakan uji coba untuk kedua kalinya, setelah Dishub mengevaluasi uji coba rute tahap pertama. Rute Barat-Timur menggunakan Suroboyo Bus, sedangkan rute Utara-Selatan menggunakan bus double deck.

Ketika uji coba pertama, masih menemukan beberapa kendala. Seperti banyaknya ranting pohon rendah di sekitaran halte bus, yang membuat rute bus harus disesuaikan. Uniknya, sistem pembayaran bus double deck sama dengan Suroboyo Bus.

Yaitu setiap penumpang cukup membayar dengan sampah botol plastik. Mekanisme pembayaran itu juga sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat dalam mengurangi bahaya polusi sampah plastik di Kota Pahlawan.

Untuk kapasitas penumpang, bus tumpuk ini mampu mengangkut 67 penumpang. Sementara untuk rute, bus akan start dari Terminal Purabaya menuju arah Jalan Ahmad Yani ke utara, hingga Jalan Bubutan, minus di Jalan Rajawali. Bus bersih, aman dan nyaman ber-AC ini nanti akan berhenti pada setiap halte yang dilewati. 

Masyarakat yang akan menggunakan layanan bus juga bisa memanfaatkan aplikasi GoBis, yang diunduh dari Playstore. Aplikasi ini, mampu mendeteksi posisi terakhir dari bus ini. Dishub Surabaya juga berencana menambah armada bus di Kota Surabaya. Rencananya akan tambah 10 unit bus ini hingga Desember mendatang. 

Harapannya dengan mulai dioperasikannya bus tingkat maupun Suroboyo Bus, mampu mengurangi angka kemacetan dan kecelakaan, serta masyarakat bisa memanfaatkan kehadiran bus-bus ini sebaik dan seoptimal mungkin. 

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Jawa Timur - Kota Surabaya
Terkini
Gubernur Jatim: Inovasi Pelayanan Publik Harus Ram ...
13/12/2018 :: Jawa Tengah - Kota Semarang
Keren Nih, Parkir Kendaraan di Monas Sekarang Paka ...
10/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Warga Bekasi Bisa Memantau Keberadaan Trans Patrio ...
11/12/2018 :: Jawa Barat - Kota Bekasi
KAI Perkenalkan Inovasi Kereta Kesehatan Kepada An ...
12/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
LPMUKP Telah Memberi Manfaat 11.613 Wirausaha Kela ...
06/12/2018 :: Jawa Timur - Kota Malang

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)