Inovasi Kesehatan di Papua, Mulai dari Kartu Papua Sehat, Hingga RSUD dengan Cath Lab dan Helipad

14 Sep 2018

Indonesiaberinovasi.com, PAPUA - Wilayah di ujung timur Indonesia ini jelas tak mau ketinggalan, dan tak mau tertinggal dengan saudara-saudaranya di wilayah Indonesia lainnya. Karena Indonesia Raya merupakan ikatan yang tak boleh terpisahkan, sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Karena itu, agar tak ketinggalan, salah satunya adalah jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Direktur Rumah Sakit seluruh Papua harus mengimplementasikan program Kartu Papua Sehat (KPS) dengan baik. KPS tentunya diperlukan warga Papua untuk menunjang layanan BPJS Kesehatan. 

Gubernur Papua Lukas Enembe mengungkapkan hal tersebut, saat meresmikan pengoperasian fasilitas kesehatan dan pembangunan gedung Instalasi Rawat dan Poliklinik Terpadu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DOK II Jayapura, beberapa waktu lalu.

Fasilitas terbaru RSUD yang siap dioperasikan itu, antara lain Instalasi Diagnostik Invasif dan Intervensi Jantung serta Pembuluh Darah. Fasilitas tersebut juga dilengkapi Cath Lab atau Katerisasi Jantung, Angiografi serta Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL). 

"Terima kasih kepada masyarakat adat, yang telah memberikan tanahnya untuk pembangunan gedung Instalasi Rawat Jalan. Diharapkan pembangunan gedung ini dapat terselesaikan dalam jangka waktu setahun, sebelum berakhir masa jabatan kami,” kata Lukas.

Drg. Yosef Rinta, Direktur RS DOK II Jayapura menyebutkan, menariknya lagi pembangunan gedung Instalasi Rawat Jalan akan dilengkapi dengan Helipad. "Sehingga, pasien dari daerah pegunungan dapat dievakuasi dan diantar langsung ke Rumah Sakit," tandasnya. 

Foto : Ilustrasi / Istimewa

KOMENTAR
Rating
Papua - Kota Jayapura
Terkini
Jogjaplan Sebagai Salah Satu Alat Memaksimalkan Si ...
16/10/2018 :: Di Yogyakarta - Kota Yogyakarta
Pocemon Terobosan Baru Polresta Banjarmasin Wujudk ...
15/10/2018 :: Kalimantan Selatan - Kota Banjarmasin
Inovasi Karet Alam untuk Aspal Jalan
15/10/2018 :: Sumatera Selatan - Kab Musi Banyuasin
Pemerintah RI dan Australia Jalin Kemitraan Lewat ...
12/10/2018 :: Nusa Tenggara Timur - Kota Kupang
Inovasi untuk Bawang Merah Murah
13/10/2018 :: Jawa Timur - Kab Probolinggo

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)