Modifikasi Motor untuk Mencegah serta Menanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan

17 Sep 2018

Indonesiaberinovasi.com, PALANGKA RAYA - Hutan di wilayah Kalimantan, khususnya di Kalimantan Tengah (Kalteng) memang rentan mengalami risiko kebakaran.

Didasari hal itu, pihak Kepolisian Daerah (Polda) Kalteng, dan seluruh jajaran Kepolisian Resort (Polres) di wilayah hukum Polda Kalteng terus melakukan inovasi.

Salah satunya adalah Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dengan memanfaatkan modifikasi sepeda motor. 

Kapolda Kalteng Brigjen Pol Drs Anang Revandoko, melalui Karo Ops Kombes Pol Tetra Megayanto Putra mengatakan, kegiatan pencegahan Karhutla tetap perlu inovasi.

“Menindaklanjuti perintah Kapolda tentang inovasi-inovasi baru, maka Kapolda mengharapkan agar jajaran Kapolres yang ada di wilayah Kalteng, melakukan pencegahan dan penanggulangan Karhutla di wilayah hukum Polda Kalteng. Dengan cara membuat inovasi baru berupa memodifikasi sepeda motor,” urai Tetra.

Sesuai arahan Kapolda, modifikasi pencegahan Karhutla nanti juga harus dibuat semua Polres, dengan inovasi yang selalu dikembangkan. Sehingga dapat menjadi produk unggulan yang dapat diandalkan.

Dalam hal ini memodifikasi sepeda motor untuk pencegahan dan penanggulangan Karhutla, terutama untuk masuk ke pelosok-pelosok hutan dan lahan yang tak terjangkau mobil. 

Tetra juga berharap kepada masyarakat, agar bisa saling bekerjasama dengan pihak terkait. Dalam melakukan pencegahan Karhutla di Kalteng. “Harapan kita kepada semua pihak, agar bisa bersama-sama membantu melakukan pencegahan karhutla ini,” imbuhnya.

Target sementara, Kapolda Kalteng menyiapkan minimal 10 unit motor modifikasi pemadam kebakaran hutan dan lahan di jajaran Polres-nya.

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Kalimantan Tengah - Kota Palangka Raya
Terkini
Si Terpa Daya Jiwa Solusi Bagi Penderita Gangguan ...
17/02/2019 :: Jawa Tengah - Kab Klaten
Aplikasi SimPADU-PMI Sebagai Pelindung Pekerja Mig ...
16/02/2019 :: Jawa Timur - Kota Surabaya
e-FLPP Permudah Kredit Pemilikan Rumah bagi Masyar ...
15/02/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Aruna, Aplikasi untuk Bantu Nelayan Indonesia Eksp ...
13/02/2019 :: Kalimantan Barat - Kota Pontianak
Simanja, Inovasi untuk Kinerja ASN
13/02/2019 :: Kepulauan Riau - Kota Tanjung Pinang