Asyik, Ada Penemuan Gel Anti Jerawat dari Limbah Semangka

27 Sep 2018

Indonesiaberinovasi.com, BANYUMAS - Jerawat di wajah memang seringkali menjadi biang masalah. Padahal banyak faktor penyebab timbulnya jerawat. Mulai dari hormon, konsumsi makanan, dan lainnya.

Menyikapi masalah jerawat ini, tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah, memanfaatkan limbah kulit semangka sebagai gel anti jerawat. Senyawa aktif dari kulit semangka dinilai bisa menjadi penangkal jerawat.

Tim tersebut terdiri dari Yola Anggraeni, Tika Ambarwati dan Irmas Miranti dari Fakultas Farmasi UMP. Mereka memberi nama gel anti jerawat buatan mereka dengan sebutan 'Citrula Gel'. Terbuat dari limbah kulit buah semangka (Citrullus lanatus), sebagai anti jerawat (Acne vulgaris).

Ketua kelompok Yola Anggraeni mengatakan, Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki iklim tropis, sehingga masyarakat harus menerima risiko terhadap permasalahan jerawat ini.

“Jerawat ini bisa terjadi, karena pada iklim tropis tubuh lebih sering berkeringat. Kelenjar keringat akan bekerja sangat aktif, dan menghasilkan minyak berlebih, sehingga memicu timbulnya jerawat,” katanya.

Setelah melihat permasalahan tersebut, dengan dibimbing Dosen Fakultas Farmasi UMP Erza Genatrika MSc Apt, mencoba untuk membuat gel dari kulit buah semangka.

Menurutnya, selama ini banyak masyarakat menganggap kulit semangka bagian dalam yang berwarna putih sebagai limbah. Namun ternyata bagian ini memiliki banyak kandungan gizi. Kulit buah semangka memiliki senyawa aktif sebagai anti bakteri yaitu terpenoid.

“Terpenoid ini mengandung senyawa likopen dari golongan Karotenoid. Nah likopen ini di klaim memiliki kerja lebih baik dibanding antioksidan,” jelasnya.

Foto : Istimewa

 

KOMENTAR
Rating
Jawa Tengah - Kab Banyumas
Terkini
Jogjaplan Sebagai Salah Satu Alat Memaksimalkan Si ...
16/10/2018 :: Di Yogyakarta - Kota Yogyakarta
Pocemon Terobosan Baru Polresta Banjarmasin Wujudk ...
15/10/2018 :: Kalimantan Selatan - Kota Banjarmasin
Inovasi Karet Alam untuk Aspal Jalan
15/10/2018 :: Sumatera Selatan - Kab Musi Banyuasin
Pemerintah RI dan Australia Jalin Kemitraan Lewat ...
12/10/2018 :: Nusa Tenggara Timur - Kota Kupang
Inovasi untuk Bawang Merah Murah
13/10/2018 :: Jawa Timur - Kab Probolinggo

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)