Inovasi Prototype Kaca Reflektor Ubah Air Laut Menjadi Air Tawar

01 Oct 2018

Indonesiaberinovasi.com, LAMONGAN - Pelajar Lamongan melakukan inovasi mengubah air laut yang berasa asin, menjadi air tawar. Mereka melakukannya menggunakan media kaca dan matahari. 

Mereka adalah Haqqi Hidayatullah dan Yazid Alkhoiri, siswa kelas 11. Berkat inovasi ini, mereka meraih Medali Perunggu dalam kompetisi Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Haqqi mengatakan, penemuan atau inovasi ini dilatarbelakangi kondisi Indonesia yang dikelilingi lautan sangat luas. Selain itu, menurutnya kondisi Indonesia yang berada di garis Khatulistiwa juga menjadi alasan, dari mana inovasi tersebut mereka peroleh. 

"Banyaknya sinar Matahari dan luasnya lautan di Indonesia membuat kami coba berpikir kreatif," kata Haqqi. Ia menambahkan, alat yang mereka buat adalah Prototype yang menggunakan kaca sebagai reflektor dari panas Matahari.

Sehingga mampu mengubah air laut yang asin menjadi air tawar yang bersih dan bisa dikonsumsi. Cara kerjanya, air laut yang asin dimasukkan ke dalam Prototype kaca Reflektor.

Selanjutnya, kata Haqqi, Prototype tersebut disimpan dengan cara dipanaskan di terik Matahari pukul 9 pagi sampai pukul 3 sore. "Dengan begini, air yang asin akan menguap karena terkena panas Matahari," ungkapnya.

Cara kerja alat ini pun sangat sederhana, bintik-bintik uap air akan mengalir ke kedua pipa. Dimana air tersebut sudah tawar dan siap untuk ditampung dalam timba atau ember, untuk digunakan sebagai keperluan sehari-hari. "Uap air inilah yang nantinya bisa kita manfaatkan kembali," jelasnya.

Mereka berharap, ke depannya Prototype alat sederhana mereka ini bisa digunakan secara lebih luas. Karena proses pembuatan dan cara kerjanya sangatlah sederhana. 

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Jawa Timur - Kab Lamongan
Terkini
NTB Care Bagai Bertatap Muka Langsung Dengan Guber ...
06/11/2018 :: Nusa Tenggara Barat - Kota Mataram
Yuk Kita Ngobrol Dengan Kunang-Kunang
05/11/2018
Presiden Jokowi : Generasi Muda Teruskan Perjuanga ...
11/11/2018 :: Jawa Barat - Kota Bandung
Reformasi Birokrasi Menghemat 41,15 Triliun Rupiah
07/11/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Jusuf Kalla: Entrepreneurship Bureaucracy Menghasi ...
07/11/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)