Dua Jempol untuk Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja di Banda Aceh

09 Oct 2018

Indonesiaberinovasi.com, ACEH - Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh memiliki inovasi Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT), yang selama ini dibangun dengan pendanaan hibah dari Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Unicef.

Saat ini IPLT telah memiliki tenaga operator yang terlatih dan mampu melayani penyedotan tinja hingga ke wilayah Aceh Besar. Inovasi dari IPLT ini adalah efisiensi dalam penggunaan sumber daya, seperti listrik, tenaga kerja dan anggaran.

Seluruh biaya operasional dan pemeliharaan tertutupi dari PAD (Cost Recovery). Begitupun dengan fasilitas instalasi, terawat dengan baik dan operasional sesuai SOP.

Kelebihan lain dari IPLT yang diterapkan Pemkot Banda Aceh adalah pengolahan pupuk dari bahan tinja ini tidak menyisakan bau di area IPLT itu sendiri.

Bahkan lokasi IPLT yang terletak di daerah Gampong Jawa ini terasa sejuk dan terlihat hijau. Kualitas effluent-nya dipantau secara rutin dan memenuhi baku mutu.

IPLT di Aceh ini juga memiliki keunikan. Yakni meskipun tidak ada pemisahan antara operator daan regulator, namun operasional dapat berjalan dengan baik dan efisien.

Saat ini IPLT Aceh juga menjadi referensi dalam pembangunan beberapa IPLT di kota lain. Bahkan IPLT Pemkot Banda Aceh ini juga menjadi obyek kunjungan dan lokasi rekreasi bagi anak-anak sekolah.

Kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu bermain dan makan bersama di area IPLT. Di samping itu, IPLT juga menjadi bahan penelitian, bagi mahasiswa dan akademisi. 

Baik itu dari universitas-universitas di dalam maupun luar negeri. Serta menjadi obyek studi banding, dan lokasi kunjungan kerja lapangan dari berbagai pelatihan.

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Aceh - Kota Banda Aceh
Terkini
Gubernur Jatim: Inovasi Pelayanan Publik Harus Ram ...
13/12/2018 :: Jawa Tengah - Kota Semarang
Keren Nih, Parkir Kendaraan di Monas Sekarang Paka ...
10/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Warga Bekasi Bisa Memantau Keberadaan Trans Patrio ...
11/12/2018 :: Jawa Barat - Kota Bekasi
KAI Perkenalkan Inovasi Kereta Kesehatan Kepada An ...
12/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
LPMUKP Telah Memberi Manfaat 11.613 Wirausaha Kela ...
06/12/2018 :: Jawa Timur - Kota Malang

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)