Dua Jempol untuk Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja di Banda Aceh

09 Oct 2018

Indonesiaberinovasi.com, ACEH - Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh memiliki inovasi Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT), yang selama ini dibangun dengan pendanaan hibah dari Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Unicef.

Saat ini IPLT telah memiliki tenaga operator yang terlatih dan mampu melayani penyedotan tinja hingga ke wilayah Aceh Besar. Inovasi dari IPLT ini adalah efisiensi dalam penggunaan sumber daya, seperti listrik, tenaga kerja dan anggaran.

Seluruh biaya operasional dan pemeliharaan tertutupi dari PAD (Cost Recovery). Begitupun dengan fasilitas instalasi, terawat dengan baik dan operasional sesuai SOP.

Kelebihan lain dari IPLT yang diterapkan Pemkot Banda Aceh adalah pengolahan pupuk dari bahan tinja ini tidak menyisakan bau di area IPLT itu sendiri.

Bahkan lokasi IPLT yang terletak di daerah Gampong Jawa ini terasa sejuk dan terlihat hijau. Kualitas effluent-nya dipantau secara rutin dan memenuhi baku mutu.

IPLT di Aceh ini juga memiliki keunikan. Yakni meskipun tidak ada pemisahan antara operator daan regulator, namun operasional dapat berjalan dengan baik dan efisien.

Saat ini IPLT Aceh juga menjadi referensi dalam pembangunan beberapa IPLT di kota lain. Bahkan IPLT Pemkot Banda Aceh ini juga menjadi obyek kunjungan dan lokasi rekreasi bagi anak-anak sekolah.

Kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu bermain dan makan bersama di area IPLT. Di samping itu, IPLT juga menjadi bahan penelitian, bagi mahasiswa dan akademisi. 

Baik itu dari universitas-universitas di dalam maupun luar negeri. Serta menjadi obyek studi banding, dan lokasi kunjungan kerja lapangan dari berbagai pelatihan.

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Aceh - Kota Banda Aceh
Terkini
Jogjaplan Sebagai Salah Satu Alat Memaksimalkan Si ...
16/10/2018 :: Di Yogyakarta - Kota Yogyakarta
Pocemon Terobosan Baru Polresta Banjarmasin Wujudk ...
15/10/2018 :: Kalimantan Selatan - Kota Banjarmasin
Inovasi Karet Alam untuk Aspal Jalan
15/10/2018 :: Sumatera Selatan - Kab Musi Banyuasin
Pemerintah RI dan Australia Jalin Kemitraan Lewat ...
12/10/2018 :: Nusa Tenggara Timur - Kota Kupang
Inovasi untuk Bawang Merah Murah
13/10/2018 :: Jawa Timur - Kab Probolinggo

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)