Bangkit Berdaya Asal Jambi Mampu Memukau Dunia

10 Oct 2018

Indonesiaberinovasi.com, MONTREAL - Salah satu program inovatif, Bangkit Berdaya, yang dipelopori Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha Maulana, kini telah mendunia.

Bangkit Berdaya saat ini dikenal luas secara internasional, dan diakui sebagai inovasi sosial inspiratif dibidang pemberdayaan partisipasi masyarakat.

Pengakuan dunia internasional tersebut mengemuka, saat diterimanya penghargaan atas Program Inovasi Bangkit Berdaya IOPD Awards Recognition 2017.

Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung pada acara 17th Conference IOPD, yang diselenggarakan di Montreal Quebec, Kanada, beberapa waktu lalu.

Kota Jambi sebelumnya terpilih sebagai 30 besar kota terbaik, dari 7000 kabupaten/kota di dunia, yang memiliki inovasi sosial inspiratif. Dimana mengedepankan peran serta dan partisipasi komunitas masyarakat di dalamnya.

Lahirnya inovasi Bangkit Berdaya (Bangun Kelurahan Secara Intensif dan Berazaskan Swadaya) diinisiasi sejak 2014. Dipandang IOPD sebagai inovasi brilian, mampu mengakselerasi pembangunan utilitas satu daerah, melibatkan partisipasi masyarakat.

“Bangkit Berdaya dinilai sebagai inovasi unik dan menarik di mata dunia, karena melibatkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat setempat," ujar Fasha usai menyampaikan presentasi 'Best Practice Bangkit Berdaya Kota Jambi di University of Quebec, Montreal, Kanada.  

Menurut kacamata internasional, ini membantu pemerintah mengakselerasi pembangunan di daerah/kawasannya. "Dan menurut mereka hal tersebut sangat langka di dunia ini," imbuhnya. 

Selain itu, program ini dinilai sangat efektif mengakselerasi pembangunan utilitas dan infrastruktur masyarakat, berdasarkan partisipasi masyarakat (gotong royong) secara tepat sasaran, tepat waktu dan efektifitas penggunaan anggaran.

Melonjaknya usulan para Ketua RT saat Musrenbang sebelum tahun 2014, dari hanya 1.100 -1.200 usulan, di tahun selanjutnya menjadi 2.200 -2.400 usulan. Fenomena itu menurut Fasha harus dijawab dan ditindaklanjuti, agar masyarakat tidak kecewa.

Oleh karena itu, lahirlah inovasi Bangkit Berdaya, membawa dampak keuntungan berupa efisiensi anggaran sampai dengan 45%, meningkatnya keinginan warga untuk bergotong royong membangun sesuai kebutuhan RT masing-masing.

Kemudian rasa memiliki yang kuat terhadap hasil pekerjaan pembangunan, yang dilaksanakan sendiri oleh masyarakat. Dan yang tak kalah menarik adalah masyarakat ikut menyumbangkan dana pribadi untuk melengkapi pembangunan itu.

Apa saja yang dibangun lewat inovasi itu? Dijelaskannya, kegiatan berupa pembangunan jalan beton di lingkungan / setapak, bangunan Poskamling / Posyandu, saluran Drainase, jembatan kecil, keperluan tempat ibadah, dan beberapa pembangunan infrastruktur skala kecil.

Pemerintah dalam hal ini hanya menyiapkan bahan/material saja. "Masyarakat dilibatkan. Mulai dari tahap usulan/ proposal, merencanakan, melaksanakan, mengawasi sendiri hasil pekerjaan dan membuat laporan pertanggungjawaban. Selama ini sudah ratusan kampung/RT yang kami bangun lewat program ini,” ungkapnya.

Tak lupa, Fasha pun mengucapkan rasa bangga dan terima kasih atas dukungan dan support luar biasa dari seluruh lapisan masyarakat Kota Jambi untuk program Bangkit Berdaya, hingga dapat mendunia. 

Yang juga patut menjadi kebanggaan masyarakat Kota Jambi adalah dirinya sebagai Kepala Daerah pertama dari Provinsi Jambi dan satu-satunya perwakilan dari negara Indonesia.

"Yang mendapat kesempatan menjadi pembicara dan mendapat penghargaan tentang partisipasi dan pemberdayaan masyarakat pada event internasional," tandasnya.

Memang disela kegiatan konferensi IOPD itu, Wali Kota Fasha didaulat menjadi pembicara, disanding beberapa tokoh inspiratif dari berbagai belahan dunia.

Antara lain Antonio Barruso dari Braga City Portugal, Frédéric Vallier, Secretary General of the Council of European Municipalities and Regions (CEMR), Dr Fritz Ntonè Ntonè, Wali Kota Douala Kamerun Afrika, dan Gustavo Paim dari Puorte Alegre, Portugal.

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Jambi - Kota Jambi
Terkini
Gubernur Jatim: Inovasi Pelayanan Publik Harus Ram ...
13/12/2018 :: Jawa Tengah - Kota Semarang
Keren Nih, Parkir Kendaraan di Monas Sekarang Paka ...
10/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Warga Bekasi Bisa Memantau Keberadaan Trans Patrio ...
11/12/2018 :: Jawa Barat - Kota Bekasi
KAI Perkenalkan Inovasi Kereta Kesehatan Kepada An ...
12/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
LPMUKP Telah Memberi Manfaat 11.613 Wirausaha Kela ...
06/12/2018 :: Jawa Timur - Kota Malang

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)