Iqropolly, Permainan Monopoli yang Berisi Dakwah Islam

26 Oct 2018

Indonesiaberinovasi.com, BOGOR - Beragam cara positif bisa diterapkan sebagai hiburan dan pendidikan anak-anak. Salah satunya adalah Iqropolly. 

Seperti yang dilakukan anak-anak di pelataran Mushalla Nurul Ikhlas, Tanah Sareal, Kota Bogor. Mereka asik memainkan Iqropolly, sebuah permainan monopoli dengan aturan dan tantangan yang berhubungan dengan agama Islam.

Tak hanya bisa bersenang-senang, anak-anak ini juga dapat mempelajari berbagai hal tentang agama Islam secara lebih mendalam, dengan cara yang menyenangkan.

Agung Suharyana, Rosyid Amrulloh, Novan Aji Imron, Muhammad Yusuf, dan Rasi Tamadhika, adalah 5 (lima) mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai inisiator pembuat Iqropolly.

Dalam Iqropolly terdapat 23 kotak, yang kesemuanya berisi tantangan-tantangan seputar dasar-dasar agama Islam dan lainnya yang tertuang di sana.

Tantangan tersebut antara lain hafalan doa sholat, dzikir, membaca doa-doa, nama-nama Nabi, Rasul dan Malaikat, zakat infaq shadaqah serta lain sebagainya.

Iqropolly dimainkan 5 anak dengan 1 pendamping dari orang dewasa.  Poin diberikan kepada pemain jika berhasil melakukan tantangan yang ada.

Untuk semakin memberi kesan fun, para mahasiswa juga menggunakan alat peraga berupa boneka dongeng. Buat pendamping, jangan khawatir, Iqropolly juga sediakan buku panduan. Berisi cara bermain dan materi yang dapat diberi ke anak.

“Permainan ini dapat digunakan sebagai sarana dakwah dan belajar agama Islam yang menyenangkan untuk anak,” kata Agung. Saat ini Iqropolly berencana mengurus hak paten, agar permainan ini dapat dirasakan manfaatnya secara luas.

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Jawa Barat - Kota Bogor
Terkini
Inilah Cara Pemerintah Dorong Inovasi Pembiayaan I ...
21/03/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Inovasi Pengurangan Plastik, Bagaimana Indonesia?
12/03/2019 :: Dki Jakarta - Kab Kepulauan Seribu
Inovasi Pembiayaan Infrastruktur Daerah
11/03/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Menuju Industri 4.0 Pemerintah Petakan Lima Sektor ...
28/02/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Inovasi Energi Terbarukan dari Kabupaten Muba
27/02/2019 :: Sumatera Selatan - Kab Musi Banyuasin