Inilah Tedi Smart, Sahabat Bunda Ketika si Kecil Demam

01 Nov 2018

Indonesiaberinovasi.com, YOGYAKARTA - Bagi Anda para orang tua pasti panik ketika buah hati mendadak terserang demam. Terlebih lagi bila masih balita, karena anak-anak di usia tersebut rentan terserang demam. 

Inovasi dari Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta ini mungkin bisa membantu mengurangi kekhawatiran Anda ketika menghadapi anak atau balita Anda demam.

Berbekal ilmu dari bangku kuliah, lima mahasiswa UGM dari tiga disiplin ilmu yang berbeda, yakni Ilmu Keperawatan, Elektronika dan Instrumentasi serta Teknik Mesin, berhasil menciptakan solusi alternatif menangani si kecil ketika terserang demam.

Inovasi yang diciptakan Hanif Eka, Siti Intan, Azizul Musyafa, Thomas Tri, dan Fuad Chairil ialah Termometer Digital-Smart yang diberi nama Tedi Smart.

Sebuah alat yang digunakan untuk membantu orang tua dengan tepat. Desainnya yang aman serta menarik, berbentuk seperti boneka Teddy Bear, membuat anak tak takut saat diukur suhu tubuhnya.

Cara kerja Termometer Digital itu sendiri dihubungkan dengan aplikasi Tedi Smart yang ada di smartphone. Nantinya pada aplikasi tersebut akan muncul informasi hasil pengukuran suhu tubuh.

Selain itu informasi lain yang bisa diperoleh adalah penjelasan mengenai bagaimana cara penanganansaat suhu tubuh anak tidak berada pada rentang suhu normal. 

Aplikasi ini juga mampu memberi informasi, mengenai keadaan anak yang perlu segera dirujuk ke pelayanan kesehatan lanjutan. Seperti Puskesmas atau Rumah Sakit, agar anak dapat ditangani dengan tepat.

Selain informasi-informasi di atas, masih banyak lagi info yang bisa kita peroleh, seperti info pemberian nutrisi makanan yang sesuai usia anak, modifikasi lingkungan yang dapat menurunkan demam anak, serta petunjuk pemberian obat demam. 

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Di Yogyakarta - Kota Yogyakarta
Terkini
Gubernur Jatim: Inovasi Pelayanan Publik Harus Ram ...
13/12/2018 :: Jawa Tengah - Kota Semarang
Keren Nih, Parkir Kendaraan di Monas Sekarang Paka ...
10/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Warga Bekasi Bisa Memantau Keberadaan Trans Patrio ...
11/12/2018 :: Jawa Barat - Kota Bekasi
KAI Perkenalkan Inovasi Kereta Kesehatan Kepada An ...
12/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
LPMUKP Telah Memberi Manfaat 11.613 Wirausaha Kela ...
06/12/2018 :: Jawa Timur - Kota Malang

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)