Presiden Jokowi : Generasi Muda Teruskan Perjuangan dengan Semangat Berinovasi

11 Nov 2018

Indonesiaberinovasi.com, BANDUNG - Bertepatan dengan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 Nopember 2018 kemarin, merupakan momentum tepat. Baik sebagai pengingat, maupun sebagai penyemangat bagi generasi muda dalam membangun bangsa.

Bisa dikatakan, jika dahulu para pahlawan Tanah Air berjuang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Maka saat ini tugas generasi muda adalah meneruskan perjuangan, dengan cara berupaya seoptimal mungkin memajukan bangsa.

Seperti dikatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) seusai mengikuti Gowes Bandung Lautan Sepeda, yang diselenggarakan Komando Daerah Militer III Siliwangi dalam memperingati Hari Pahlawan di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/11/2018).

"Meneruskan semangat dan jasa para pahlawan kemerdekaan, maka generasi muda harus semangat dalam membangun negara, memajukan negara, dan membuat Indonesia semakin maju,” ujar Jokowi seperti dilansir Baranews.co, Minggu (11/11).

Presiden menambahkan, semangat itu bisa dilakukan dengan beragam cara, seperti memupuk kreativitas, berinovasi, dan menanamkan optimisme. "Semangat berinovasi, berkreasi, berkarya, bekerja, dan optimistis. Pokoknya semangat, semangat, semangat,” katanya.

Terkait rangkaian peringatan Hari Pahlawan, sebelum mengikuti Gowes Bandung Lautan Sepeda, Presiden memimpin upacara ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Kota Bandung. Setelah upacara, ia melakukan prosesi tabur bunga dan berdoa di enam pusara di TMP itu.

Adapun keenam pusara yang didatangi Presiden adalah pusara mantan Komandan Pangkalan Udara Margahayu Komodor Udara Sulaiman dan Laksamana Muda Udara Nurtanio Pringgoadisurjo (mantan Direktur Lembaga Persiapan Industri Penerbangan).

Lalu pusara Abdoel Moeis (pahlawan perintis kemerdekaan). Sedangkan tiga lainnya adalah makam mantan Menteri Dalam Negeri Yogie S Memet, Mashudi (mantan Gubernur Jawa Barat), dan Aang Kunaefi (mantan Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi).

Presiden tiba di TMP Cikutra pukul 08.15 dan meninggalkan tempat itu sekitar pukul 08.45. Setelah Presiden meninggalkan TMP Cikutra, tempat itu masih dipadati para peziarah. 

Ratusan peserta dari sejumlah lembaga, di antaranya aparatur sipil negara Pemerintah Kota Bandung, prajurit TNI, veteran, dan siswa dari Sekolah Dasar hingga Menengah atas ikut menghadiri ziarah nasional memperingati Hari Pahlawan di TMP Cikutra. 

Kepala SD Negeri 025 Cikutra Agus Musallim mengatakan, sekitar 60 siswanya ikut berziarah pada peringatan Hari Pahlawan di TMP Cikutra. "Ini salah satu cara mengenalkan siswa kepada orang- orang yang berjasa pada negara. Sekaligus menjadi motivasi siswa sebagai generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Usai melepas ribuan peserta Gowes Bandung Lautan Sepeda, Jokowi ikut bersepeda didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. 

Jokowi berpakaian serba coklat, identik seragam pejuang kemerdekaan, plus mengayuh sepeda ontel hitam yang telah disediakan panitia. "Ini, kan, Hari Pahlawan, 10 November. Jadi, suasana di tahun 1945 pada masa-masa perjuangan, itu yang kita munculkan,” ujarnya.

Hadir pula dalam acara itu Menteri Sosial Agus Gumiwang, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Teten Masduki yang merupakan Koordinator Staf Khusus Presiden.

Presiden dan rombongan gowes sepeda sejauh 3,3 kilometer. Melalui rute Gedung Sate - Jl. Diponegoro - Jl. Ir. Juanda - Jl. Merdeka - Jl. Aceh - Jl. Banda - Gedung Sate. 

 

Foto : Istimewa

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Jawa Barat - Kota Bandung
Terkini
Gubernur Jatim: Inovasi Pelayanan Publik Harus Ram ...
13/12/2018 :: Jawa Tengah - Kota Semarang
Keren Nih, Parkir Kendaraan di Monas Sekarang Paka ...
10/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Warga Bekasi Bisa Memantau Keberadaan Trans Patrio ...
11/12/2018 :: Jawa Barat - Kota Bekasi
KAI Perkenalkan Inovasi Kereta Kesehatan Kepada An ...
12/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
LPMUKP Telah Memberi Manfaat 11.613 Wirausaha Kela ...
06/12/2018 :: Jawa Timur - Kota Malang

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)