NTB Care Bagai Bertatap Muka Langsung Dengan Gubernur

06 Nov 2018

Indonesiaberinovasi.com, MATARAM - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah, menggelar acara tatap muka dan berdialog langsung dua arah dengan masyarakat.

Acara tatap muka bertajuk 'Jumpa Bang Zul-Umi Rohmi' tersebut merupakan inovasi Gubernur NTB di dalam segala bidang, termasuk proses rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana Gempa Bumi.

Acara dialog tersebut dilaksanakan pada setiap Jumat pukul 07.00 - 09.00 WITA, dan sudah dimulai sejak Jumat 12 Oktober 2018 di halaman Kantor Gubernur.

"Di acara Jumpa Bang Zul-Umi Rohmi, yang digelar setiap hari Jum’at di halaman Bumi Gora Kantor Gubernur serta di pendopo Gubernur," jelas Gubernur yang akrab dipanggil Doktor Zul itu, dalam keterangannya, Jumat (9/11/2018). 

Nantinya menurut Bang zul, di seluruh wilayah NTB di Pulau Lombok maupun Sumbawa, masyarakat dapat berdialog langsung, dan bertemu dengan Gubernur dan Ibu Wagub. 

Jumat 2 November 2018, program ini berhasil digelar di dua pulau besar NTB dalam satu hari. Pagi hari digelar di Lapangan Kantor Gubernur NTB di Mataram, sore harinya langsung digelar juga di Pulau Sumbawa, tepatnya di Kabupaten Sumbawa.

Sementara, bagi masyarakat yang belum dapat hadir dalam acara tersebut, Pemprov NTB juga mengembangkan aplikasi 'NTB Care'. Warga NTB dapat menyampaikan aspirasinya dengan mendownload aplikasi NTB Care melalui ponsel Android.

"Pengaduan dan masukan dan saran, gagasan maupun kritikan, silakan disalurkan melalui NTB Care. Insya Allah kami serap, salurkan melalui OPD terkait, dan segera ditindaklanjuti secepatnya," ujar Gubernur.

Lebih lanjut dikatakannya, ini demi NTB yang lebih baik, nyaman dan maju sejahtera juga adil merata. "Bagi kami ini bukan lagi semata kewajiban, tapi sudah kami anggap sebagai kebutuhan," jawabnya.

Sebuah kanal atau wadah komunikasi dua arah antara stakeholder dan shareholder sebuah pemerintahan, baik yang bersifat top down maupun bottom up. Minimal dengan forum seperti ini, rakyat bisa didengar dan dilayani.

"Selanjutnya kami sebagai pelayan dan pengabdi masyarakat bisa meneruskannya dalam bentuk respon langsung, dan tindak lanjut yang konkret," katanya.

Banyak aspirasi warga di beragam bidang. Mulai dari keluhan kondisi hutan Sumbawa yang menurun kualitasnya karena pembalakan liar, alih fungsi lahan atau dilanda kebakaran.

Belum lagi revitalisasi pasar tradisional, kerusakan infrastruktur jalan, jembatan, hingga kondisi penerangan jalan yang masih memprihatinkan.

"Inilah tantangan bagi para kepala daerah dan jajaran pembantunya. Bagaimanapun cara dan mekanismenya, amanah dan tanggung jawab wajib dilaksanakan," ucapnya.

Gubernur mengatakan, monitoring pelaksanaan dan penuntasan setiap keluhan warga adalah kuncinya. Silaturahim langsung, alias rapat tatap muka dengan warga.

Maupun dengan aparat pemerintahan tingkat paling dasar, seperti kepala desa atau lurah. Untuk membahas percepatan pemulihan atau penanganan pascabencana, tahap rekonstruksi pun intens digelar.

Seperti misalnya, pertemuan hangat dengan para kades dari Lombok Timur, Bima dan Dompu pertengahan pekan ini, di pendopo rumah dinas Gubernur NTB, setelah subuh berjamaah atau ba'da maghrib.

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Nusa Tenggara Barat - Kota Mataram
Terkini
Gubernur Jatim: Inovasi Pelayanan Publik Harus Ram ...
13/12/2018 :: Jawa Tengah - Kota Semarang
Keren Nih, Parkir Kendaraan di Monas Sekarang Paka ...
10/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Warga Bekasi Bisa Memantau Keberadaan Trans Patrio ...
11/12/2018 :: Jawa Barat - Kota Bekasi
KAI Perkenalkan Inovasi Kereta Kesehatan Kepada An ...
12/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
LPMUKP Telah Memberi Manfaat 11.613 Wirausaha Kela ...
06/12/2018 :: Jawa Timur - Kota Malang

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)