Jasa MADS Dalam Mendeteksi Merkuri pada Kosmetik dan Makanan

16 Nov 2018

Indonesiaberinovasi.com, YOGYAKARTA - Pastinya sobat sering melihat atau mendengar berita tentang produk-produk kosmetik yang mengandung merkuri bukan? Bagaimana perasaan kamu usai mengetahui berita tersebut? 

Pastinya langsung takut, dan mungkin berpikir bagaimana jika kosmetik yang dipakai sehari-hari ternyata kosmetik bermerkuri. Namun, Lima mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) ini punya jawaban jitu, membuang kekhawatiran kamu.

Andy Aulia Prahardika, Al Birru Kausal Poso, I Made Wiryawan, Luthfia Adila, dan Tirta Inovan kiranya menemukan jawaban, yakni dengan keberhasilan menciptakan Mercury Auto Detection System (MADS). 

Inovasi Andy dan kawan-kawan merupakan alat pendeteksi merkuri pada kosmetik dan makanan. MADS praktis, bisa dibawa kemana-mana. Disamping kelebihan lain yaitu memakai baterai Re-Chargable, sehingga bisa digunakan dimana saja.

Untuk biaya produksinya alat ini hanya sebesar Rp1 juta. Bisa dibilang jauh lebih murah dibanding alat pendeteksi merkuri serupa lainnya yang ada di pasaran.

Sebenarnya memang telah ada alat pendeteksi merkuri lain serupa dengan MADS, yaitu Spektrofotometer. Alat ini juga bisa digunakan mendeteksi merkuri di dalam obat-obatan dan makanan.

Hanya saja spektrofotometer memiliki sejumlah kekurangan dibanding MADS. Seperti ukurannya lebih besar, menyebabkan Spektrofotometer sulit dibawa kemana-mana. Selain itu harganya sangat mahal, yakni mencapai Rp200 juta.

Cara kerja MADS tak jauh beda dengan Spektrofotometer. Objek pengujian berupa larutan ditembakan sinar monokromatik, yang nantinya diserap detektor warna. Kemudian warna yang diperoleh itu akan dideteksi dengan kriteria zat-zat yang ada. 

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Di Yogyakarta - Kota Yogyakarta
Terkini
Gubernur Jatim: Inovasi Pelayanan Publik Harus Ram ...
13/12/2018 :: Jawa Tengah - Kota Semarang
Keren Nih, Parkir Kendaraan di Monas Sekarang Paka ...
10/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Warga Bekasi Bisa Memantau Keberadaan Trans Patrio ...
11/12/2018 :: Jawa Barat - Kota Bekasi
KAI Perkenalkan Inovasi Kereta Kesehatan Kepada An ...
12/12/2018 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
LPMUKP Telah Memberi Manfaat 11.613 Wirausaha Kela ...
06/12/2018 :: Jawa Timur - Kota Malang

Inovasi adalah pembeda antara pemimpin dan pengikut.

Steve Jobs (Founder Apple)