Inovasi Pembiayaan Pemerintah di 2019

26 Dec 2018

Indonesiaberinovasi.com, JAKARTA - Tahun 2019 ini pemerintah terus melakukan berbagai inovasi untuk pembiayaan berbagai program pemerintah yang akan dijalankan. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh pemerintah adalah penerbitan Green Sukuk Global. Green Sukuk Global sendiri adalah jenis surat utang berbasis syariah, tujuannya membiayai berbagai proyek infrastruktur yang mendukung pengurangan emisi karbon.

Dilihat dari konsepnya hal penting mengingkat penerbitan Sertifikat Berharga Syariah Negara (SBSN) sudah berkisar 25 sampai 30 persen atau Rp206,4 triliun sampai Rp247,7 triliun dari SBN Bruto yang diterbitkan. Dilihat dari rencana pemerintah untuk 2019 SBN Bruto mencapai Rp825,7 triliun dan angka ini menurun dari target APBN 2018 yang mencapai Rp856,49 triliun.

Menurut Direktur Jendral Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan Luky Alfirman, bahwa pemerintah sudah mulai melakukan berbagai inovasi dalam bidang SBSN. Berbagai inovasi produk dilakukan, diantaranya global green sukuk, wakaf green sukuk dan sukuk ritel atau tabungan online.

"Saat ini untuk 2019 termasuk green sukuk dipikirkan, inovasi akan terus dilakukan. Istilahnya sudah di pipeline," Ungkap Luky Alfirman. Walau pemerintah melalukan inovasi, Luky tidak mau menyebutkan target pembiyaannya karena pemerintah harus melihat kondisi pasar.

Pemerintah akan melihat bagaimana respon pasar terhadap surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah. Dalam mekanisme membeli surat utang berbasis syariah, para investor akan membeli di perbankan syariah. Namun hal ini perlu dikaji ulang, agar investor dapat membelinya diberbagai channel, sehingga investor tidak harus ke bank syariah jika ingin membeli sukuk.

 

foto: istimewa

Tags : belum ada tag
KOMENTAR
Rating
Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Terkini
Inilah Cara Pemerintah Dorong Inovasi Pembiayaan I ...
21/03/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Inovasi Pengurangan Plastik, Bagaimana Indonesia?
12/03/2019 :: Dki Jakarta - Kab Kepulauan Seribu
Inovasi Pembiayaan Infrastruktur Daerah
11/03/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Menuju Industri 4.0 Pemerintah Petakan Lima Sektor ...
28/02/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Inovasi Energi Terbarukan dari Kabupaten Muba
27/02/2019 :: Sumatera Selatan - Kab Musi Banyuasin