eDrink : Isi Ulang Baterai Ponsel Lewat Secangkir Kopi Panas

27 Dec 2018

Indonesiaberinovasi.com, INGGRIS - Bagi kebanyakan orang di jaman sekarang, ponsel atau smartphone seakan menjadi barang yang harus selalu ada dimana pun dan dalam keadaan apapun. 

Tak heran apabila setiap kita menjejakan kaki, dimana pun akan selalu terlihat orang-orang sibuk dengan smartphone-nya, baik untuk urusan komunikasi atau bisnis. Tak sedikit pula yang melepas penat dengan bermain games atau sibuk bermedia sosial.

Kalau sudah begitu, pastinya akan merasa kesal, ketika sedang asyik-asyiknya menggunakan smartphone, tiba-tiba saja ponsel yang sedang digunakan kondisi lowbat.

Ketika mengetahui baterai ponsel akan habis, tentu hal pertama yang dilakukan agar ponsel tetap menyala adalah mencari stop kontak atau powerbank untuk mengisi ulang baterai ponsel. Tapi apa jadinya jika tak ada stop kontak atau powerbank?

Ann Makosinski, seorang mahasiswi University of British Columbia, telah mampu menciptakan eDrink, sebuah cangkir kopi yang bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel.

Cukup dengan mengisi cangkir kopi dengan kopi panas atau minuman panas lainnya, maka cangkir tersebut sudah bisa menyamai fungsi stop kontak dan powerbank. Wow!

eDrink ini bekerja dengan memanfaatkan energi panas dari kopi, yang diubah menjadi energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan tersebut digunakan untuk mengisi daya baterai dengan bantuan kabel USB.

Enaknya lagi, karena energi panas diubah menjadi listrik, maka kopi tadi akan menjadi lebih cepat dingin. Jadi bisa men-charge ponsel sambil menikmati secangkir kopi tanpa takut kepanasan. Asyik kan?

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating