Bersepeda Sambil Isi Ulang Baterai Ponsel dengan Electric Eco Bike

03 Jan 2019

Indonesiaberinovasi.com, SURABAYA - Lagi asyik-asyiknya jalan-jalan, tiba-tiba baterai ponsel habis? Kesel? So pasti. Untuk mengatasinya, seringkali powerbank menjadi solusi.

Meski begitu, ternyata ada lho teknologi serba guna karya anak bangsa. Yaitu dapat mengisi baterai ponsel dengan bersepeda. Jadi saat bersepeda santai, bisa sambil mengisi baterai ponsel.

Teknologi baru itu dinamai Electric Eco Bike, sepeda kayuh bisa berfungsi mengisi ulang baterai ponsel. Diciptakan lima mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, di kompetisi PKM-KC (Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta).

Menurut Dennys Al Fath, ketua tim, latarbelakang penciptaan Electric Eco Bike karena adanya kebutuhan energi listrik yang terus meningkat di Indonesia. Menurutnya, dalam rumah tangga, konsumsi terbesar adalah proses pengisian baterai ponsel.

Ia menambahkan, apalagi berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah ponsel yang digunakan penduduk Indonesia ada di atas angka 300 juta unit. Padahal, jumlah penduduk Indonesia hanya ada sekitar 250 an juta jiwa.

"Electric Eco Bike adalah teknologi ramah lingkungan. Tenaga kayuh yang dihasilkan Electric Eco Bike malah bisa menjadi tenaga listrik untuk mengisi ulang baterai ponsel," ujarnya. 

Teknologi ini, menurut Dennys memanfaatkan Gaya Gerak Listrik (GGL) induksi magnet dan alternator, sebagai pembangkit tenaga listrik.

Electric Eco Bike tidak menggunakan dinamo. Tim menilai dinamo terlalu berat jika digunakan. Untuk menggantinya, tim gunakan motor Brushless Direct Current. Fungsinya mempercepat putaran gear, dan dapat menggerakkan sepeda tanpa kayuhan.

Penemuan Electric Eco Bike sebagai penambah kehadiran teknologi yang ramah lingkungan. harapan Dennys, penemuan Electric Eco Bike ini nantinya dapat dirasakan masyarakat secara luas.

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Jawa Timur - Kota Surabaya
Terkini
Inilah Cara Pemerintah Dorong Inovasi Pembiayaan I ...
21/03/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Inovasi Pengurangan Plastik, Bagaimana Indonesia?
12/03/2019 :: Dki Jakarta - Kab Kepulauan Seribu
Inovasi Pembiayaan Infrastruktur Daerah
11/03/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Menuju Industri 4.0 Pemerintah Petakan Lima Sektor ...
28/02/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Inovasi Energi Terbarukan dari Kabupaten Muba
27/02/2019 :: Sumatera Selatan - Kab Musi Banyuasin