Sumbar Satu-satunya Pemprov Terinovatif di Luar Pulau Jawa

07 Jan 2019

Indonesiaberinovasi.com, PADANG - Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjadi satu-satunya Provinsi di luar pulau Jawa yang meraih penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Provinsi Terinovatif.

Dalam ajang Innovative Government Award (IGA) 2018, yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Dalam Negeri RI, Sumbar menempati peringkat ketiga, di bawah Jawa Barat di peringkat pertama dan Jawa Timur pada peringkat kedua.  

Terpilihnya Sumbar, tak lepas dari inovasi yang dilakukan dalam memberikan pelayanan ke masyarakat. Penghargaan itu, diterima Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, diwakili Wagub Sumbar Nasrul Abit, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, inovasi bagi pemerintah daerah merupakan sesuatu yang mesti dimiliki. Apalagi, inovasi erat kaitannya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

"Serta, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengefisiensi kerja-kerja di pemerintahan. Ketiga hal tersebut mesti dilakukan dengan inovasi. Karena, tanpa inovasi harapan tersebut tak akan tercapai," sebutnya. 

Dicontohkan Irwan, inovasi dalam pelayanan publik yang dulunya berbulan-bulan sekarang cukup sehari selesai. Dulunya berbelit-belit kini sudah dipersingkat, ini semua berkat adanya inovasi.

"Maka, perlunya dilakukan inovasi untuk menjalankan program-program untuk masyarakat. Apalagi, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) mesti ada 10 (sepuluh) inovasi yang dilakukan," ulasnya.

Besar harapan, penghargaan yang diraih Pemprov Sumbar sebagai pemerintah daerah provinsi terinovatif dapat memacu semangat untuk menciptakan inovasi-inovasi terbaru. Karena, target tahun depan mesti ada 120 inovasi baru.

Sementara Nasrul Abit usai menerima penghargaan IGA 2018 menambahkan, penghargaan yang diterima tak lepas dari kinerja Gubernur Sumbar dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), menciptakan inovasi baru bagi pelayanan kepada masyarakat di setiap program kerja.  

Untuk itu, Wagub berharap dengan raihan penghargaan ini dapat memotivasi jajaran OPD di Pemprov Sumbar, untuk terus melakukan inovasi dalam program kerjanya, guna memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Jadi penghargaan ini hendaknya menjadi motivasi bagi kami di Pemprov, untuk dapat terus meningkatkan inovasi dalam setiap program kerja yang kami lakukan," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Mendagri Tjahjo Kumolo menekankan, pemerintah mendorong setiap daerah melakukan inovasi. Karena kunci meningkatkan daya saing daerah adalah jika semua daerah bergerak melakukan inovasi di daerah masing- masing. 

"Tujuan utama dari inovasi daerah adalah meningkatkan daya saing daerah untuk kemajuan Indonesia. Ini juga merupakan momentum kebangkitan bangsa Indonesia sendiri," kata Tjahjo.

Ia menambahkan, sesuai dengan hasil laporan Global Innovation Index (GII) tahun 2018 tentang inovasi, Indonesia masih menempati posisi ke-85 dari 126 negara. 

“Dalam hal inovasi menurut GII, Indonesia naik 2 peringkat dari tahun sebelumnya, yang berada pada peringkat ke-87. Ini menjadi kebanggaan kita bersama," tukasnya.

Dikatakan Tjahjo, Pemerintah terus berupaya mendukung daerah untuk berinovasi, salah satunya adalah mengeluarkan regulasi. “Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri telah diberi amanah, untuk melaksanakan regulasi," tandasnya.

Regulasi yang berisi pembinaan umum dan pembinaan teknis, dalam bentuk fasilitasi, konsultasi, pendidikan dan pelatihan. Serta penelitian dan pengembangan kepada daerah untuk berinovasi.

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Sumatera Barat - Kota Padang
Terkini
Inilah Cara Pemerintah Dorong Inovasi Pembiayaan I ...
21/03/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Inovasi Pengurangan Plastik, Bagaimana Indonesia?
12/03/2019 :: Dki Jakarta - Kab Kepulauan Seribu
Inovasi Pembiayaan Infrastruktur Daerah
11/03/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Menuju Industri 4.0 Pemerintah Petakan Lima Sektor ...
28/02/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Inovasi Energi Terbarukan dari Kabupaten Muba
27/02/2019 :: Sumatera Selatan - Kab Musi Banyuasin