Klik-Me dan Simple BPJS Inovasi dari Pemkab Kukar

18 Jan 2019

Indonesiaberinovasi.com, TENGGARONG - Dalam rangka gerakan One Agency One Innovation, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menyelenggarakan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) secara nasional.

Hal ini dilakukan sebagai upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik Indonesia, termasuk pemberian penghargaan kepada instansi pemerintah yang mempunyai inovasi pelayanan publik terbaik. 

Dalam kompetisi tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) mengirimkan 17 proposal Sinovik (Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik). Hasil seleksi inovasi terbaik dari 58 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), termasuk kecamatan dan RS Umum Daerah (RSUD). 

“Alhamdulillah dari 17 proposal sinovik yang dikirim Kukar pada ajang kompetisi inovasi pelayanan publik, dua diantaranya lolos seleksi," kata Kabag Organisasi dan Tatalaksana (Ortal) yang juga Ketua Tim Teknis Reformasi Birokrasi (RB) Tauhid Afrilian Noor, melalui Kasubag Ketatalaksanaan Murdi, diruang kerjanya Kantor Bupati Lantai 4, Tenggarong.

Keduanya yakni Inovasi Kelola Listrik Komunal Muara Enggelam 'Klik-Me' Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral. Kemudian satu lagi inovasi Simple BPJS di RS Samboja, mengintegrasikan sistem yang biasanya 7 tahapan pelayanan menjadi 2 tahapan.

Menurut Murdi, lolosnya dua sinovik top 99 Kutai Kartanegara menjadi peluang dalam berkompetisi dikancah nasional terutama dalam sistem pelayanan publik. 

“Saat ini tim RB sedang melakukan pendampingan dalam persiapan menghadapi kompetisi Sinovik Top 99, terutama mendorong  percepatan pelayanan kepada masyarakat dan berdampak kepada kemanfaatan dan berkesinambungan,” ujarnya. 

Sebanyak 1.463 Inovasi berhasil lolos ke tahap penilaian proposal (desk Evaluation). Status proposal inovasi yang lolos ke tahap Desk Evaluation akan berubah dari 'KemenPANRB' menjadi 'Evaluator'. 

Dimana pada tahap administrasi dilakukan hanya pada proposal yang berstatus 'KemenPANRB'. Artinya sudah di-submit Admin Lokal ke Kementerian PANRB. Jika masih berstatus 'Draft' atau 'Perbaikan' atau 'Admin Lokal', otomatis tak lolos ke tahap penilaian.

Foto   : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Kalimantan Timur - Kab Kutai Kartanegara
Terkini
Si Terpa Daya Jiwa Solusi Bagi Penderita Gangguan ...
17/02/2019 :: Jawa Tengah - Kab Klaten
Aplikasi SimPADU-PMI Sebagai Pelindung Pekerja Mig ...
16/02/2019 :: Jawa Timur - Kota Surabaya
e-FLPP Permudah Kredit Pemilikan Rumah bagi Masyar ...
15/02/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Aruna, Aplikasi untuk Bantu Nelayan Indonesia Eksp ...
13/02/2019 :: Kalimantan Barat - Kota Pontianak
Simanja, Inovasi untuk Kinerja ASN
13/02/2019 :: Kepulauan Riau - Kota Tanjung Pinang