Pemkab Rote Ndao Ciptakan Gerakan Lakamola Anan Sio

21 Jan 2019

Indonesiaberinovasi.com, ROTE NDAO - Sektor pertanian kiranya masih terus menjadi ladang pengembangan inovasi di seluruh Indonesia. Terutama bagi Pemerintah Daerah setempat dengan lahan pertanian yang masih lumayan luas.

Seperti yang dilakukan Dinas Pertanian Pemkab Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menciptakan inovasi yang bernama Gerakan Lakamola Anan Sio. 

Bupati Rote Ndao Leonard Haning menjelaskan, inovasi ini dilaksanakan dengan pendekatan budaya. Yakni sebuah gerakan masif dan menyeluruh, pada semua lini pembangunan pertanian. 

Gerakan ini melibatkan pemangku kepentingan publik. Menghidupkan kembali sebuah kearifan lokal tentang pola budidaya tanaman, yang ada dalam peradaban masyarakat Pulau Rote, dengan 9 (sembilan) komoditi pangan lokal.

Dikatakan Leonard Haning, inovasi ini bertujuan meningkatkan produksi, dan produktivitas komoditi pertanian menuju ketahanan pangan yang berkelanjutan.

"Sebuah gerakan dengan pendekatan teknis ekstensifikasi, yaitu target pertambahan 20 Ha per desa per tahun lahan baru, dan diversifikasi, yaitu mewujudkan penganekaragaman pangan lokal," ujarnya.

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Nusa Tenggara Timur - Kab Rote Ndao
Terkini
Si Terpa Daya Jiwa Solusi Bagi Penderita Gangguan ...
17/02/2019 :: Jawa Tengah - Kab Klaten
Aplikasi SimPADU-PMI Sebagai Pelindung Pekerja Mig ...
16/02/2019 :: Jawa Timur - Kota Surabaya
e-FLPP Permudah Kredit Pemilikan Rumah bagi Masyar ...
15/02/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Aruna, Aplikasi untuk Bantu Nelayan Indonesia Eksp ...
13/02/2019 :: Kalimantan Barat - Kota Pontianak
Simanja, Inovasi untuk Kinerja ASN
13/02/2019 :: Kepulauan Riau - Kota Tanjung Pinang