KLIK-ME, Sebagai PLTS Komunal Penunjang Unit Usaha Masyarakat Desa

22 Jan 2019

Indonesiaberinovasi.com, ENGGELAM - Desa Enggelam, Kecamatan Muara Wis, Kutai Kartanegara (Kukar) menemukan inovasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal yang dinamakan Kelola Listrik Komunal Muara Enggelam (KLIK-ME).

KLIK-ME merupakan sumber energi alternatif, juga menjadi salah satu inovasi dan unggulan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim).

Cikal bakal KLIK-ME diawali Pemkab Kukar melalui Dinas ESDM, mencarikan solusi alihkan genset, dengan membangunkan PLTS. Langkah ini mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim serta Kementerian ESDM yang didanai melalui APBN. 

Perlu diketahui, selama ini penerangan rumah tangga sebelumnya hanya menggunakan genset. Itu pun hanya dinikmati segelintir masyarakat yang mampu. Karena biaya yang dikeluarkan rata-rata Rp 30.000/hari dengan jam operasional selama 6 jam/hari. 

Kehadiran listrik komunal Muara Enggelam yang kini sukses dikelola Badan Usaha Milik Des (BUMDes), kiranya kini mampu memenuhi ketersediaan listrik selama 24 jam. 

Itu berlaku untuk lebih dari 713 jiwa (174 KK), dengan daya masing-masing 350 watt/rumah, bertarif murah sebesar Rp3.000 / hari bagi masyarakat mampu. Kemudian bagi warga kurang mampu hanya dikenakan tarif Rp 9,-/ Watt / hari. 

Seiring waktu berjalan, dengan pendapatan yang ada, masyarakat mulai mengembangkan penambahan daya pembangkit listrik komunal dalam rangka menunjang unit usaha lain. 

"Seperti budidaya burung Walet, usaha air minum isi ulang, TV kabel berbayar, moulding dan pasar desa," kata Johar, Kepala Desa Enggelam, didampingi Ramsyah selaku Pengelola BUMDes.

Selain membangun kepedulian bersama terhadap masyarakat yang kurang mampu untuk bisa menikmati listrik, KLIK-ME juga menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga aset milik desa sebagai aset milik bersama.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan penghargaan bagi warga, yang melaporkan tindakan pencurian listrik, dan sanksi bagi pelanggan yang melakukan pencurian pemakaian listrik. 

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Kalimantan Timur - Kab Kutai Kartanegara
Terkini
Si Terpa Daya Jiwa Solusi Bagi Penderita Gangguan ...
17/02/2019 :: Jawa Tengah - Kab Klaten
Aplikasi SimPADU-PMI Sebagai Pelindung Pekerja Mig ...
16/02/2019 :: Jawa Timur - Kota Surabaya
e-FLPP Permudah Kredit Pemilikan Rumah bagi Masyar ...
15/02/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Aruna, Aplikasi untuk Bantu Nelayan Indonesia Eksp ...
13/02/2019 :: Kalimantan Barat - Kota Pontianak
Simanja, Inovasi untuk Kinerja ASN
13/02/2019 :: Kepulauan Riau - Kota Tanjung Pinang