Inovasi Simpel BPJS Persembahan RSUD ABADI Samboja

24 Jan 2019

Indonesiaberinovasi.com, SAMBOJA - Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aji Batara Agung Dewa Sakti (ABADI) Samboja, Kalimantan Timur (Kaltim) mengembangkan inovasi baru.

Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, inovasi baru tersebut bernama Sistem Pendaftaran Online Poliklinik Terintegrasi (Simple) BPJS atau 'Simpel BPJS'.

Direktur RSUD ABADI Samboja Musafirah Aqil menjelaskan, sistem ini bertujuan mempersingkat antrian di rumah sakit, karena masih terdengar keluhan masyarakat terutama pasien JKN-KIS terkait menunggu antrian. 

Mereka mengeluhkan panjangnya antrian di loket pendaftaran. Sehingga Simple BJPS ini dibuat guna menyederhanakan pelayanan dari sistem 7 (tujuh) tahapan menjadi 2 (dua) tahapan.

“Aplikasi Simple BPJS ini berhasil masuk ajang Sinovik TOP 99 yang dilenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), dari 2.824 inovasi pelayanan publik yang ada di seluruh Indonesia," tuturnya.

Menurut Aqil, yang terpenting inovasi yang dihasilkan mampu memberi dampak terhadap pelayanan publik dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Inovasi ini sangat bagus, karena memudahkan pelayanan kepada peserta. Perubahan yang dilakukan semakin baik, sehingga kesan peserta JKN-KIS dapat dilayani dengan cepat," ucap Nurifansyah Kepala Cabang Utama BPJS Kesehatan Samarinda, Kaltim.

Nurifansyah menambahkan, inovasi RSUD ABADI tentu sudah sejalan dengan BPJS Kesehatan yang sedang memasuki era baru dalam layanan. 

"Kita berubah dengan memanfaatkan sistem informasi yang semakin baik, dimana dari awal BPJS Kesehatan telah semaksimal mungkin mempersiapkan sistem online ini,” tambahnya.

Foto : Ilustrasi / Istimewa

KOMENTAR
Rating
Kalimantan Timur - Kota Samarinda
Terkini
Pelajar dan Mahasiswa Indonesia Borong Tiga Medali ...
23/04/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Hadir di Sidang ASGP, Sekjen DPR RI Pamer Inovasi ...
22/04/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Kemenhub dan ITS Proyeksikan 200 Kapal Terbuat dar ...
18/04/2019 :: Jawa Timur - Kota Surabaya
Kabupaten Sinjai Sabet Penghargaan Daerah Inovasi ...
16/04/2019 :: Sulawesi Selatan - Kab Sinjai
Inovasi Kementerian PANRB Dapat Pujian Peserta Sid ...
15/04/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat