Raskin Pola PKP Ajak Masyarakat TTU Tinggalkan Kebiasaan Lama

25 Jan 2019

Indonesiaberinovasi.com, TIMOR TENGAH UTARA - Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Timor Tengah Utara (TTU) menghadirkan inovasi yang diberi nama Program Raskin Pola Padat Karya Pangan (Raskin Pola PKP). 

Program ini mulai dilaksanakan sejak tahun 2011 sampai sekarang. Dimana program ini menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten TTU.

Bupati TTU Raymundus San Fernandez mengatakan, dengan inovasi ini Pemkab membagikan raskin secara gratis kepada warga. Namun masyarakat sekitar diwajibkan mengelola sawah sendiri dengan target 0,25 ha per tahun. 

“Jika tidak memenuhi target, beras tidak akan dikasih. Ini agar masyarakat terpacu untuk maju, dan meninggalkan kebiasaan mereka yang lama,” tegas Raymundus.

Pelaksanaan Raskin Pola PKP dimaksudkan untuk memanfaatkan lahan tidur (lahan basah dan lahan kering potensial). Selain itu mengurangi sistem tebas bakar dan perladangan berpindah.

Juga demi memperkecil erosi permukaan, dan tentunya menjaga kelestarian lingkungan, melalui sistem Wanatani lahan dan pembuatan Terasering.

Kesemuanya tertuang pada Panca Program Strategis Kabupaten TTU. Yaitu program Pengembangan Pertanian, Pengembangan Pendidikan, Pengembangan Kesehatan, Pemberdayaan Koperasi dan UKM serta Optimalisasi Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan. 

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Nusa Tenggara Timur - Kab Timor Tengah Utara
Terkini
Si Terpa Daya Jiwa Solusi Bagi Penderita Gangguan ...
17/02/2019 :: Jawa Tengah - Kab Klaten
Aplikasi SimPADU-PMI Sebagai Pelindung Pekerja Mig ...
16/02/2019 :: Jawa Timur - Kota Surabaya
e-FLPP Permudah Kredit Pemilikan Rumah bagi Masyar ...
15/02/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Aruna, Aplikasi untuk Bantu Nelayan Indonesia Eksp ...
13/02/2019 :: Kalimantan Barat - Kota Pontianak
Simanja, Inovasi untuk Kinerja ASN
13/02/2019 :: Kepulauan Riau - Kota Tanjung Pinang