Aplikasi Smart Pakem Penangkal Aliran Sesat

29 Jan 2019

Indonesiaberinovasi.com, JAKARTA - Untuk memperketat agar tidak semakin berkembang macam-macam aliran kepercayaan, juga keagamaan di Indonesia, Kejaksaan Agung Republik Indonesia meluncurkan sebuah aplikasi.

Mukri, Juru Bicara Kejaksaan Agung berdalih aplikasi ini lahir untuk mengedukasi masyarakat tentang macam-macam aliran kepercayaan juga keagamaan di Indonesia. Di antaranya yang masuk daftar sesat versi pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Kita tidak mungkin melakukan door to door memberikan edukasi, sehingga muncul gagasan dibuat saja aplikasi. Dengan demikian diharapkan masyarakat bisa teredukasi," ujar Mukri seperti ditulis BBC News Indonesia, beberapa waktu lalu (27/11).

"Di aplikasi itu kontennya daftar semua aliran kepercayaan, dan mana yang dilarang. Jadi ini bagian dari edukasi, keterbukaan informasi, dan preventif. Supaya masyarakat tak sembarangan main hakim sendiri, kalau belum tahu masalahnya," sambung Mukri.

Dalam aplikasi yang bisa diunggah di Google Play Store dan Situs Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta tersebut ada 6 (enam) fitur. Yakni keagamaan, kepercayaan, ormas, laporan masyarakat, undang-undang, dan fatwa MUI.

Khusus di fitur keagamaan, kepercayaan, dan ormas, memuat informasi mengenai daftar, nama pimpinan, wilayah, jumlah pengikut, dan penjelasan detail. Sementara fitur laporan, tersedia lampiran berupa data diri pelapor dan subjek laporan.

Juru bicara Kejaksaan Agung, Mukri, menyebut siapa saja yang dicurigai adanya aliran kepercayaan atau keagamaan berbau Islam akan 'dikoordinasikan' dengan MUI, untuk mengevaluasi apakah menyimpang atau tidak.

"MUI kan secara teknis tahu apakah aliran tersebut sesat atau tidak. Kalau MUI sudah mengevaluasi dan menentukan alirannya menyimpang, baru pemerintah mengambil kebijakan," jelasnya.

"Yang pasti, kita tidak represif, tapi edukatif. Bisa dengan disadarkan terlebih dahulu atau diperingatkan. Jadi tidak langsung masuk ke ranah hukum," tutup Mukri.

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Terkini
Kemenhub dan ITS Proyeksikan 200 Kapal Terbuat dar ...
18/04/2019 :: Jawa Timur - Kota Surabaya
Kabupaten Sinjai Sabet Penghargaan Daerah Inovasi ...
16/04/2019 :: Sulawesi Selatan - Kab Sinjai
Inovasi Kementerian PANRB Dapat Pujian Peserta Sid ...
15/04/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Pentingnya Inovasi dan Teknologi untuk Kemajuan In ...
11/04/2019 :: Bengkulu - Kab Bengkulu Selatan
Bappeda Perdalam Ilmu Iptek dan Lomba Inovasi Daer ...
10/04/2019 :: Lampung - Kab Way Kanan