Bogor Punya Si Keren yang Lebih Efektif, Efisien dan Dapat Dipertanggungjawabkan

05 Feb 2019

Indonesiaberinovasi.com, BOGOR - Maraknya pemalsuan tanda bukti lulus uji, serta sulitnya memperoleh informasi mengenai pengujian berkala kendaraan bermotor.

Mendorong Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten (Kab) Bogor, Jawa Barat, melahirkan inovasi Sistem Pengujian Kendaraan Bermotor (Si Keren). 

Lahirnya inovasi ini lebih bertujuan untuk membangun sebuah identifikasi, kesesuaian pengujian kendaraan bermotor berbasis teknologi komputer.

Selain itu, umtuk memberi jaminan keselamatan secara teknis terhadap penggunaan kendaraan bermotor di jalan, serta melestarikan lingkungan dari kemungkinan pencemaran yang diakibatkan  penggunan kendaraan bermotor di jalan. 

"Dengan penerapan Si Keren proses pelayanan publik kepada masyarakat lebih efektif, efisien, dapat dipertanggung jawabkan,” jelas Nurhayanti, Bupati Bogor saat presentasi dan wawancara Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018 di Kementerian PANRB.

Berdasarkan Undang-Undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Dinas Perhubungan bertanggungjawab untuk melaksanakan Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor, atau yang dikenal dengan istilah Uji KIR. 

Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor adalah serangkaian kegiatan menguji dan/atau memeriksa komponen kendaraan bermotor, kereta tempelan dan kereta gandengan guna memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan.

Nurhayanti mengatakan, dalam inovasi Si Keren ini, terdapat tujuh keunggulan. Penggunaan QR Barcode pada buku uji untuk menghindari pemalsuan.

Lalu dilakukannya pengambilan gambar, untuk mengetahui kondisi awal kendaraan, mendapatkan informasi pengujian kendaraan bermotor melalui SMS (SMS Gateway).

Selanjutnya pengawasan di jalan berbasis Smartphone, penggunaan kamera dalam identifikasi nomor uji, nomor mesin dan nomor rangka, dibangun Sistem Informasi Manajemen Pengujian Kendaraan Bermotor yang terintegrasi.

Ia menambahkan, inovasi ini dilaksanakan secara berkesinambungan, karena berdampak positif bagi Dinas Perhubungan maupun bagi  masyarakat. 

Harapannya, inovasi ini dapat direplikasi pemerintah daerah lainnya. Karena dengan telah dilakukannya inovasi ini, ke depannya Dishub Kab. Bogor akan melakukan upaya yang lebih mengedepankan kepuasan terhadap pelayanannya.

Salah satunya dengan melakukan pengembangan kegiatan pengujian kendaraan bermotor yang baik, terstruktur dan informatif, sehingga dapat dihasilkan proses kerja maksimal.

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Jawa Barat - Kab Bogor
Terkini
Kemenhub dan ITS Proyeksikan 200 Kapal Terbuat dar ...
18/04/2019 :: Jawa Timur - Kota Surabaya
Kabupaten Sinjai Sabet Penghargaan Daerah Inovasi ...
16/04/2019 :: Sulawesi Selatan - Kab Sinjai
Inovasi Kementerian PANRB Dapat Pujian Peserta Sid ...
15/04/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Pentingnya Inovasi dan Teknologi untuk Kemajuan In ...
11/04/2019 :: Bengkulu - Kab Bengkulu Selatan
Bappeda Perdalam Ilmu Iptek dan Lomba Inovasi Daer ...
10/04/2019 :: Lampung - Kab Way Kanan