Aplikasi Indeks Kinerja OBH, Solusi Mengukur Kualitas Layanan Bantuan Hukum

06 Feb 2019

Indonesiaberinovasi.com, JAKARTA - Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) menciptakan Aplikasi Indeks Kinerja Organisasi Bantuan Hukum (OBH). 

Aplikasi ini bisa menjadi solusi mengukur kualitas layanan bantuan hukum. Kepala BPHN Kemenkum HAM, Enny Nurbaningsih dalam keterangan tertulisnya seperti dilansir Gatra.com menyampaikan, proses kuantifikasi kualitas layanan berdasarkan indeks pada aplikasi ini, sangat berbeda dengan metode pengawasan sebelumnya.

"Aplikasi Indeks Kinerja OBH diciptakan karena signifikannya peningkatan jumlah penerima bantuan hukum setiap tahunnya. Sehingga diperlukan sebuah instrumen untuk menilai kualitas layanan bantuan hukum tersebut," ucapnya.

Aplikasi Indeks Kinerja OBH, sebelumnya merupakan pengembangan dari aplikasi Sistem Informasi Database Bantuan Hukum (SIDBANKUM).

Dikeluarkannya Aplikasi Indeks Kinerja OBH menjadi inovasi yang secara akurat menggambarkan spektrum kualitas pemberian layanan bantuan hukum, dengan menghitung beberapa dimensi yang menjadi standar layanan bantuan hukum.

"Sebagaimana PP 42/2013 dan Permenkumham 63/2016 juncto Permenkumham 10/2015. Antara lain layanan bantuan hukum berdasar perspektif kepuasan klien, integritas, pengetahuan prosedur hukum yang dijalani, serta informasi bantuan hukum," tukas Enny.

Selain itu, inovasi Aplikasi Indeks Kinerja OBH telah direplikasi dalam beberapa forum internasional. Yakni 2nd International Conference on Legal Aid in Criminal Justice System Buenos Aires di Argentina pada 2016.

Lalu 6th Asia Pro Bono Conference dan Legal Empowerment Workshop di Kuala Lumpur 2017, dan International Seminar on Criminal Legal Aid di Guangdong-Guangzhou 2018.

Kepala BPHN Kemenkum HAM ini menambahkan, beberapa instansi dari beberapa negara telah datang ke BPHN, mempelajari implementasi bantuan hukum di Indonesia. 

Sejumlah negara tersebut yakni Thailand, Vietnam, Nepal, dan Myanmar. "Secara Nasional, replikasi dilakukan melalui workshop, antara lain melalui Rapat Kerja Admin Sidbankum 2017 di Jakarta," tutup Enny.

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Terkini
Si Terpa Daya Jiwa Solusi Bagi Penderita Gangguan ...
17/02/2019 :: Jawa Tengah - Kab Klaten
Aplikasi SimPADU-PMI Sebagai Pelindung Pekerja Mig ...
16/02/2019 :: Jawa Timur - Kota Surabaya
e-FLPP Permudah Kredit Pemilikan Rumah bagi Masyar ...
15/02/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Aruna, Aplikasi untuk Bantu Nelayan Indonesia Eksp ...
13/02/2019 :: Kalimantan Barat - Kota Pontianak
Simanja, Inovasi untuk Kinerja ASN
13/02/2019 :: Kepulauan Riau - Kota Tanjung Pinang