Duuuh, Hanya Lewat Sentuhan Jari Bisa BIKIN ASIK Lho...

07 Feb 2019

Indonesiaberinovasi.com, JAMBI - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi masuk dalam jajaran Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 versi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), dengan judul proposal BIKIN ASIK alias Jambi Terkini dalam Aplikasi Statistik.

Dilatarbelakangi perkembangan internet yang pesat, memunculkan fenomena Big Data di dunia maya, yang merangkum data dari beragam sumber, laksana Data Lake (Danau Data). 

Akibatnya, para pengguna kebingungan sendiri, untuk memilih data mana yang akan digunakan. Kebingungan tersebut dapat dialami para pemangku kepentingan, ketika menyusun perencanaan, kebijakan, dan kajian/penelitian. 

Dispute data ini dapat diakibatkan perbedaan konsep yang digunakan, waktu pelaksanaan pengumpulan data, atau ruang lingkup datanya. Terdapat indikasi, hal ini akibat para penyedia data tak punya pemahaman yang sama atas data statistik yang disajikan.

Bertolak dari permasalahan ini, maka BPS Prov. Jambi yang didukung seluruh pimpinan pemerintah Prov. Jambi, DPRD, OPD/lembaga, akademisi, media massa, dan masyarakat umum melakukan inovasi BIKIN ASIK.

Menggunakan aplikasi berbasis android bernama 'Statistik Jambi Terkini'. Hanya dengan sentuhan jari, tanpa dibatasi waktu dan ruang, masyarakat, akademisi, mahasiswa, dan pemerintah bisa memperoleh empat manfaat sekaligus.

Manfaat tersebut berupa :

1) Akses data terkini yang lebih cepat, murah, mudah, dan efektif. Pengguna tak perlu lagi datang ke BPS, cukup unduh melalui Smartphone

2) Diskusi Forum Satu Data cukup via jemari tanpa bertemu. Kesibukan bukan lagi menjadi penghalang, cukup ketik kalimat dalam Smartphone, komunikasi dan informasi antar pejabat tetap terjalin

3) Konsultasi statistik tanpa harus bertemu, cukup secara online. Sehingga lebih efektif dan efisien

4) Sekali berkunjung, informasi jalan terus. Pengguna aplikasi akan diberi notifikasi update data, dan informasi terbaru, secara berkesinambungan.

Inovasi yang dilakukan ini terbukti membuat perubahan. Sehingga permintaan data dapat dilakukan dimana saja, dan pertukaran data (interoperabilitas) dapat dilakukan kapan saja. 

Dengan demikian, penyediaan data yang cepat, murah, mudah, akurat, dan up to date, dapat membantu penyusunan dan implementasi kebijakan publik menuju masyarakat sejahtera. 

Aplikasi ini dapat di-download melalui playstore, info lebih lengkap bisa diakses di youtube dengan link: https://www.youtube.com/watch?v=QXJ7HbuZCUU.

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Jambi - Kota Jambi
Terkini
Inilah Cara Pemerintah Dorong Inovasi Pembiayaan I ...
21/03/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Inovasi Pengurangan Plastik, Bagaimana Indonesia?
12/03/2019 :: Dki Jakarta - Kab Kepulauan Seribu
Inovasi Pembiayaan Infrastruktur Daerah
11/03/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Menuju Industri 4.0 Pemerintah Petakan Lima Sektor ...
28/02/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Inovasi Energi Terbarukan dari Kabupaten Muba
27/02/2019 :: Sumatera Selatan - Kab Musi Banyuasin