Produk Perikanan Sulsel Tetap Mendunia dengan SEJUTA IKAN

07 Feb 2019

Indonesiaberinovasi.com, SULSEL – Salah satu komoditas ekspor terbesar yang dimiliki oleh Sulawesi Selatan (Sulsel) adalah perikanan. Tujuan ekspor terdiri dari Uni Eropa, Rusia, USA, Tiongkok, Afrika, Jepang, Korea Selatan dan berbagai negara lainnya.

Untuk bisa mengekspor berbagai produk perikanan ke berbagai negara dibutuhkan sertifikasi pengujian muta yang dikeluarkan oleh Balai Penerapan Mutu Produk Perikanan (BPMPP).

Salah satu masalah dari proses sertifikasi adalah pertama para pemohon harus daftar langsung ke BPMPP yang jaraknya cukup jauh dari lokasi rumah pemohon.

Kedua, permohonan sertifikasi harus dilakukan sendiri sehingga memakan waktu yang cukup lama bagi para pemohon. Ketiga, waktu proses penerbitan sertifikasi yang cukup lama sampai 8-12 hari.

Masalah ini perlu ada sebuah solusi inovatif, agar produk-produk unggulan perikanan Sulsel bisa tetap mendunia. Pada akhir tahun 2016, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel mencoba mengembangkan inovasi SEJUTA IKAN (Sertifikasi Pengujian Mutu Hasil Perikanan).

Dalam inovasi ini diantaranya, mempercepat proses pengujian laboratorium dari 8-12 hai menjadi 6-10 hari. Para pemohon sertifikasi hanya cukup menelepon, SMS atau pesan Whats App untuk mengajukan sertifikasi, petugas akan datang untuk mengambil sampel pengujian dan mengantarkan kembali sertifikatnya. Seluruh layanan ini tidak dipungut bayaran sedikit pun.

Adanya inovasi ini karena adanya pelaksanaan Perjanjian Kerjasama Pengujian Antara Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulses dengan Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu Keamanan Hasil Perikanan Sulawesi Selatan Nomor: 523/BP3MPHKP/01/DKP/2017.

Inovasi ini harus berkelanjutan, untuk itu diambil beberapa langkah diantaranya, 1) mempertahankan akreditasi dan sertifikasi sebagai Lembaga pengujian ISO/IEC 1702 : 2008 dan Lembaga sertifikasi sistem mutu ISO SNI 9001 : 2015, 2) Pengembangan inovasi Pelayanan Jemput Sampel pengujian produk hasil perikanan, 3) membuat sistem online pelayanan sertifikasi pengujian mutu hasil perikanan.

foto: istimewa

 

KOMENTAR
Rating
Sulawesi Selatan - Kota Makassar
Terkini
Kemenhub dan ITS Proyeksikan 200 Kapal Terbuat dar ...
18/04/2019 :: Jawa Timur - Kota Surabaya
Kabupaten Sinjai Sabet Penghargaan Daerah Inovasi ...
16/04/2019 :: Sulawesi Selatan - Kab Sinjai
Inovasi Kementerian PANRB Dapat Pujian Peserta Sid ...
15/04/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Pentingnya Inovasi dan Teknologi untuk Kemajuan In ...
11/04/2019 :: Bengkulu - Kab Bengkulu Selatan
Bappeda Perdalam Ilmu Iptek dan Lomba Inovasi Daer ...
10/04/2019 :: Lampung - Kab Way Kanan